Custom Search

KUNJUNGI JUGA :

Blog Radiografer Indonesia

14 September 2010

Review Foursquare



Hampir sebulan ini foursquare menjadi situs favorite yang saya gunakan untuk eksis di dunia maya. Situs pertemanan sosial berbasis lokasi ini masih tergolong baru, bahkan teknologi location basenya setahu saya hanya foursquare yang memakai.

Proses dan cara mainnya berbeda dengan situs pertemanan sosial yang lain. Kalau dalam facebook kita familiar dengan update status, wall atau dinding, notifikasi dll, dalam twitter kita mengenal tweet, direct mesage dll, dalam foursquare kita ditawarkan hal yang berbeda yaitu Check In, Shout dll

Check In dan shout mungkin mirip seperti fasilitas status dalam Facebook atau tweet dalam twitter cuma yang membedakan Check In tersebut berisi daftar nama lokasi, baik yang telah dimasukan oleh orang lain atau dapat kita tambahkan sendiri.

Lokasi tersebut nantinya akan terposting lengkap dengan peta yang dikeluarkan oleh google map, namun sering kali peta yang terpampang keliru, jangan khawatir nanti kita bisa perbaiki ulang lewat fasilitas edit venue bahkan bisa ditambahkan dengan keterangan dan tips tentang tempat tersebut

Fasilitas shout sangat mirip dengan status atau tweet namun tidak bisa dikomentari. Inilah uniknya foursquare, sama sekali tidak ada fasilitas tukar menukar pesan seperti comment atau direct message. Agar bisa dikomentari, shout tadi bisa disinkronisasi ke akun facebook dan twitter. Bisa keduanya langsung seperti yang sering saya lakukan atau cuma ke salah satu akun saja, didalamnya terdapat pilihan untuk menonaktifkan salah satu item.

Tampilan site foursquare ada 2 yaitu versi lengkap atau web dan versi mobile. Untuk web bisa diklik ke foursquare.com dan untuk mobile tinggal diberi slash mobile dibelakangnya foursquare.com/mobile.

Untuk mempergunakan check in dan shout lebih praktis pakai versi mobile walaupun kita sedang menggunakan PC atau notebook. Versi lengkap berguna bila kita ingin mengkoreksi lokasi atau venue beserta informasinya, juga menambah,mengedit dan mengaccept friends serta berbagai fitur lain yang tidak bisa dilakukan dalam versi mobile.

Salah satu fitur yang mungkin bisa sangat berguna kedepannya adalah jabatan Major yang diperoleh jika kita check in di venue yang sama minimal 2 kali. Kerap kali jabatan major ini jadi perebutan, namun jeleknya kita bisa mendaftar ulang venue yang sama tanpa ada batasan jumlah. Guna major tadi adalah saat kita check in pertama kali disuatu tempat, fourquare akan memberi kita informasi siapa major ditempat tersebut, nah tentu kita bisa bertanya-tanya tempat tersebut kepada si major. Kasarannya major mungkin bisa diumpamakan sebagai si empunya tempat.

Ada juga fitur badge yaitu sebuah lencana yang diberikan jika kita telah berhasil memenuhi suatu ketentuan,misal badge newbie bila kita telah selesai check in pertama kali, atau badge local jika kita check in di kota yang sama 30 kali.

Selamat Check In dan Shout dengan Foursquare

BACK

Baca Juga Yang Ini



1 comment:

  1. wah, komplit gati bli... bagus review nya... blom sempat nyoba nih, nanti dicobain...

    ReplyDelete