Langsung ke konten utama

Coretan Pong Harjatmo



Jumat 30 Juli 2010 siang mungkin tidak ada yang menduga kalau Pong Harjatmo artis kawakan di era tahun 80 itu akan melakukan aksi memanjat Gedung Kura-kura Nusantara II DPR lalu mengecat atapnya yang berwarna hijau dengan pilox merah. Kata-kata yang dituliskan sangat mantap "Jujur, Adil, Tegas". Maksudnya untuk menyentil kinerja DPR yang buruk.

Beberapa prestasi buruk DPR yang hendak disentil diantaranya adalah mandul, dari 70 RUU tidak ada satu pun yang berhasil disahkan, penuntasan kasus lumpur lapindo tidak menemukan, kasus Century ngambang dan cendrung memenangkan kartel bisnis. Malah sekarang diperparah dengan hobi bolos selain hobi tidur. "Belum setahun bertugas, absen sudah bolong-bolong tapi gaji minta full, rumah ada mobil ada" pungkasnya dihadapan kamera tv dan awak media.

Tindakan yang dilakukan Pong Harjatmo ini menarik sebab pada tahun 2004 Pong adalah tim sukses inti SBY presiden RI sekarang, memegang jabatan sebagai Seksi Penggalangan dan Pengerahan Artis. Artinya beliau masih ada andil bagi pemerintahan sekarang. Berusia 68 tahun dan masih prima untuk memanjat atap gedung DPR dan melakukan aksi yang cocok dilakukan oleh anak muda.

Aksi ini tak ayal mendapat kecaman dari anggota DPR, ada yang bilang tindakan ini tidak santun dan memberikan contoh yang buruk. Menanggapi pernyataan tersebut, artis yang kerap memerankan tokoh protagonis ini menjawab dengan pertanyaan tak kalah pedasnya "bagaimana dengan kelakuan anggota yang menggebrak meja dan berteriak-berteriak dengan kata-kata kasar saat sidang? Apakah itu Santun? Masyarakat Twitter pun tak kalah garang mengkomentari, salah satunya "apakah anggota DPR sudah memberikan contoh yang baik sehingga berani mengatakan Pong Harjatmo memberikan contoh buruk?

Atas tindakan berani ini Pong Harjatmo awalnya ditangkap oleh pihak keamanan DPR lalu akhirnya dilepaskan setelah menandatangai surat tidak mengulangi tindakan kembali dan bersedia memperbaiki kerusakan yang telah ditimbulkan.

Namun dalam wawancara di Metro tv malam harinya Pong mengatakan, saat masih berada digedun DPR para wartawan mengajukan diri untuk memperbaiki dan saat ditanya apakah akan melanjutkan dengan aksi-aksi yang lain, dengan tegas beliau bilang Iya, mari kita beraksi bersama.

Salut untuk Pong Harjatmo walau sudah berumur masih tetap punya energi untuk negeri ini. Masih bisa memberikn inspirasi bagi generasi muda bagaimana harus berjuang untuk bangsa. Dulu berjuag dengan bambu runcing dan senjata rampasan kini dengan cat pilox. Action Only No Talk.
BACK

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Artifact On an X-Ray

The following question was answered by an expert in the appropriate field:
Q
What does an artifact on an x ray mean? The first x ray (without sedation) showed a mass on the lymph nodes. The next x ray showed everything was fine. The doctor said the first one was an artifact.

A
In basic terms, an "artifact" on a diagnostic x-ray image is an area of the image that may look different from expected, although it is not necessarily something dealing with what is being imaged. An artifact may appear as light or dark spots, lines, fogging, specks, etc. They can be caused by motion, dirt on film, poor chemistry in a film processor, poor contact between the film and the cassette that holds the film, and so on. Types of artifacts may vary with the modality, for example, plain x-ray film, CT, or ultrasound, but the physician who interprets the image tries to make sure that false positive and false negative results are avoided. Ideally, the physician wants an image that contains no artifact…

Luka Tembak Di Kepala

Kejadian ini saat saya jaga malam di RS Sanglah tanggal 29 Juni 2010, sekitar pukul 22.00 datang seorang remaja dengan klinis luka tembak senapan angin di kepala, kata koas yang mengantar sebuah peluru tembus melalui kepala bagian belakang dan meninggalkan lubang di occipital.

Pasien dalam keadaan sadar baik, kepalanya dibalut perban. Segera saya lakukan ct scan kepala irisan axial sejajar OML. Mode yang saya pilih adalah Spiral dengan ketebalan irisan 5 mm, pitch 3 mm, maksudnya agar bisa di olah dengan baik oleh software nantinya.




Memang dalam irisan ct scan tampak gambaran beberapa proyektil peluru antra lain berada di petrosum dan beberapa bagian otaknya. Melalui pengukuran jarak saya dapatkan jarak antara lubang masuk peluru di occipital hingga proyektil terdalam di petrosum sejauh 12.4 cm, cukup jauh menurut saya kalau ini adalah hasil dari senapan angin. Saya dulu pernah terkena pentalan peluru di jari tangan tapi untungnya tidak menimbulkan luka, lecet pun tidak, cuma bengkak da…

Ulasan singkat Life's a Beach

Pukul 15.30 saya sampai ditempat acara yaitu pantai kuta di sebelah barat The Wave Bar. Begitu saya parkir motor, panitia sedang mengumumkan acara "Clean Up beach" yaitu menyusuri pantai sambil membawa kantong memunguti sampah non organik yang bertebaran disepanjang pantai, segera saja saya bergabung dalam gerombolan. Tampak Jerinx (SID) dan Bobby (SID) ikut dalam barisan sibuk memunguti sampah-sampah non organik yang memang dikenal tidak ramah lingkungan.

Disepanjang Pantai sore itu banyak terdapat kegiatan antara lain yang dapat saya ambil gambarnya adalah Demo Jual Beli Organ Tubuh di Cina oleh perkumpulan Falun Dafa. Tampak juga Demo Faun Dafa dengan sarana audio musik Cina yang tidak saya mengerti temanya.

Sampah yang dipungut oleh peserta kemudian dikumpulkan, lumayan banyak juga mendapat sampah non organik disepanjang pantai Kuta ini.

Acara selanjutnya diisi oleh Lonely King Low Rider yaitu parade naik sepeda keliling Kuta, acara ini diikuti juga oleh komunitas "Bi…