Custom Search

KUNJUNGI JUGA :

Blog Radiografer Indonesia

31 July 2010

Coretan Pong Harjatmo



Jumat 30 Juli 2010 siang mungkin tidak ada yang menduga kalau Pong Harjatmo artis kawakan di era tahun 80 itu akan melakukan aksi memanjat Gedung Kura-kura Nusantara II DPR lalu mengecat atapnya yang berwarna hijau dengan pilox merah. Kata-kata yang dituliskan sangat mantap "Jujur, Adil, Tegas". Maksudnya untuk menyentil kinerja DPR yang buruk.

Beberapa prestasi buruk DPR yang hendak disentil diantaranya adalah mandul, dari 70 RUU tidak ada satu pun yang berhasil disahkan, penuntasan kasus lumpur lapindo tidak menemukan, kasus Century ngambang dan cendrung memenangkan kartel bisnis. Malah sekarang diperparah dengan hobi bolos selain hobi tidur. "Belum setahun bertugas, absen sudah bolong-bolong tapi gaji minta full, rumah ada mobil ada" pungkasnya dihadapan kamera tv dan awak media.

Tindakan yang dilakukan Pong Harjatmo ini menarik sebab pada tahun 2004 Pong adalah tim sukses inti SBY presiden RI sekarang, memegang jabatan sebagai Seksi Penggalangan dan Pengerahan Artis. Artinya beliau masih ada andil bagi pemerintahan sekarang. Berusia 68 tahun dan masih prima untuk memanjat atap gedung DPR dan melakukan aksi yang cocok dilakukan oleh anak muda.

Aksi ini tak ayal mendapat kecaman dari anggota DPR, ada yang bilang tindakan ini tidak santun dan memberikan contoh yang buruk. Menanggapi pernyataan tersebut, artis yang kerap memerankan tokoh protagonis ini menjawab dengan pertanyaan tak kalah pedasnya "bagaimana dengan kelakuan anggota yang menggebrak meja dan berteriak-berteriak dengan kata-kata kasar saat sidang? Apakah itu Santun? Masyarakat Twitter pun tak kalah garang mengkomentari, salah satunya "apakah anggota DPR sudah memberikan contoh yang baik sehingga berani mengatakan Pong Harjatmo memberikan contoh buruk?

Atas tindakan berani ini Pong Harjatmo awalnya ditangkap oleh pihak keamanan DPR lalu akhirnya dilepaskan setelah menandatangai surat tidak mengulangi tindakan kembali dan bersedia memperbaiki kerusakan yang telah ditimbulkan.

Namun dalam wawancara di Metro tv malam harinya Pong mengatakan, saat masih berada digedun DPR para wartawan mengajukan diri untuk memperbaiki dan saat ditanya apakah akan melanjutkan dengan aksi-aksi yang lain, dengan tegas beliau bilang Iya, mari kita beraksi bersama.

Salut untuk Pong Harjatmo walau sudah berumur masih tetap punya energi untuk negeri ini. Masih bisa memberikn inspirasi bagi generasi muda bagaimana harus berjuang untuk bangsa. Dulu berjuag dengan bambu runcing dan senjata rampasan kini dengan cat pilox. Action Only No Talk.
BACK

Baca Juga Yang Ini



No comments:

Post a Comment