Custom Search

KUNJUNGI JUGA :

Blog Radiografer Indonesia

15 June 2010

Ngayah Ke Pura Penataran Pande Tamblingan



Sabtu 12 Juni 2010 tempo hari saya ngayah ke Pura Penataran Pande Tamblingan atas ajakan saudara Pande saya Yande Putrawan lewat message Facebook. Pukul 06.45 pagi berangat dari rumah dengan janji bertemu di daerah Candikuning Bedugul karena saya memang tidak tahu lokasi Pura ini.

Sejam kemudian sampai di Candikuning saya kabari Yande rupanya dia masih dalam perjalanan, saya putuskan menunggu sambil iseng-iseng mengabadikan suasana danau Beratan pagi itu yang memang indah sekali, tiba-tiba ada yang meneriaki saya dari belakang, dua orang pengedara motor, saya coba fokus ah ternyata mereka adalah kerabat saya dari kampung yang akan ngayah kesana juga. Saya akhir-akhir ini memang jarang pulang kampung karena banyak kesibukan di kota jadi jarang bisa berkoordinasi hal begini.

Ngobrol sebentar, saya langsung minta nunut (membuntuti) ke lokasi. Sepanjang jalan pemandangan betul-betul indah. Perpaduan dua danau, Buyan dan Tamblingan dihiasai dengan gunung-gunung betul-betul sayang jika dilewatkan. Jalan menuju danau Tamblingan masih tergolong bagus, cuma dibeberapa titik banyak terdapat lubang. Di beberapa persimpangan juga terdapat papan penunjuk arah ke Pura Penataran Pande, jadi jika ada yang akan ngayah atau tangkil tidak perlu khawatir tersesat.

Hingga sampai di daerah danau Tamblingan jalan tidak ada masalah besar, semuanya bagus bahkan satu kilometer sebelum danau sudah berupa paving block, nah jalan akses menuju pura yang sedikit menyusahkan yaitu berupa tanah berbatu, cukup memerlukan perhatian dan kemampuan mengemudi diatas prima karena jika salah sedikit bisa menabrak pohon-pohon besar sepanjang jalan karena memang tempat ini masih berupa hutan atau bisa tergelincir ke danau.


kira-kira 15 menit berkendara off road begitu, sampailah di lokasi. Tempat parkir tidak ada masalah, landasannya kuat bukan lumpur tapi tanah keras dengan sisa-sisa semak habis dipotong, masuk kedalam, Pura ini ternyata bagus, pengerjaannya rapi, tempatnya lumayan luas dan lapang.


Bagian atap Pura yang berasap.

Sampai di jeroan, kami langsung dipandu untuk sembahyang sebelum bekerja, setelah selesai panca sembah, ketua rombongan yang saat itu dari MSWP Tabanan menjelaskan hal-hal apa saja yang akan dikerjakan. Begitu selesai kami langsung bekerja.

Saya yang saat itu bergabung dengan MSWP Tabanan membuat bale tempat banten disebelah pojok tenggara Pura (kira-kira), saya cukup bingung dengan arah angin disini untung membawa kompas. Sebentar kemudian Yande mengabarkan bahwa dia telah sampai dan sedang sembahyang, begitu selesai saya hampiri sebentar lalu kita ngobrol banyak hal, ini merupakan pertemuan kami. Banyak hal yang kita bicarakan mulai dari cerita bertema Pande hingga pekerjaan dan asal. Intinya Yande mengajak saya ikut meramaikan Yowana Paramarta Maha Semaya Warga Pande (YP-MSWP), dan turut dalam rembuh temu rasa di resto Ulam Segara keesokan harinya.

Tidak terasa matahari telah sampai di ubun-ubun, ketua rombongan kembali memberi arahan untuk istirahat dan makan siang, selesai makan siang kami kembali merapikan bale tadi, terus membersihkan sisa-sisa pekerjaan.

Pukul 13.30 acara ngayah ditutup, kami meninggalkan tempat, sepanjang jalan saya memuaskan hasrat untuk foto-foto, beberapa hasil nanti saya upload. Sekaian laporan perjalanan saya, tulisan ini dibuat atas dorongan dan arahan dari bli Pande Baik, yang saat rupanya sedang menjajal OS Android di Samsung Galaxy.

Terima kasih dorongannya bli, saya selalu berusaha agar bisa mempunya semangat ngeblog yang tetap tinggi seperti bli Pande.

foto-foto lainnya silahkan lihat di akun facebook saya:





BACK

Baca Juga Yang Ini



2 comments:

  1. Wih... dorongan dan arahan... care dadi Pak Kelian gen ne... :) Tulisannya mantap. Pesan satu lagi dong. Tulisan terkait Rencana Ngayah di Tamblingan tgl 20 Juni nanti. :)

    ReplyDelete
  2. udh cocok bli pande baik jd kelian....
    ("kelian" bin dik uling blijunk.....heheheheh)
    blijunk,okeh bgt tulisannya....:)

    ReplyDelete