Langsung ke konten utama

Lagu Anak-Anak Banyak Yang Sesat


Lagu-lagu yang kita dengar sewaktu masih anak-anak dan beberapa masih didendangkan sampai sekarang ternyata banyak yang menyesatkan, berikut contoh dan penjelasannya.

1. "Balonku ada 5... rupa-rupa warnanya...merah, kuning, kelabu..
merah muda dan biru...
meletus balon hijau, dorrrr!!!"
kenapa tiba2 muncul warna hijau ?
Jadi jumlah balon sebenarnya ada 6, bukan 5 !


2. "Aku seorang kapiten... mempunyai pedang panjang...kalo berjalan
prok..prok.. prok... aku seorang kapiten!"
Perhatikan di bait pertama dia cerita tentang pedangnya, tapi di bait
kedua dia cerita tentang sepatunya (inkonsistensi) . Harusnya dia tetap
konsisten, misal jika ingin cerita tentang sepatunya seharusnya dia
bernyanyi: "mempunyai sepatu baja (bukan pedang panjang)...kalo
berjalan prok..prok.. . . prok.."
nah, itu baru klop! jika ingin cerita tentang pedangnya, harusnya dia
bernyanyi : "mempunyai pedang panjang... kalo berjalan
dul..gondal. .gandul.. atau srek.. srek.. srek..." itu baru sesuai dg
kondisi pedang panjangnya!


3. "Bangun tidur ku terus mandi.. tidak lupa menggosok gigi.. habis
mandi ku tolong ibu...membersihkan tempat tidurku.."
Perhatikan setelah habis mandi langsung membersihkan tempat tidur.
Lagu ini membuat anak-anak tidak bisa terprogram secara baik dalam
menyelesaikan tugasnya dan selalu terburu-buru. Sehabis mandi
seharusnya si anak pakai baju dulu dan tidak langsung membersihkan
tempat tidur dalam kondisi basah dan telanjang!


4. "Naik-naik ke puncak gunung.. tinggi.. tinggi sekali..kiri kanan
kulihat saja... banyak pohon cemara.. 2X"
Lagu ini dapat membuat anak kecil kehilangan konsentrasi, semangat dan
motivasi!
Pada awal lagu terkesan semangat akan mendaki gunung yang tinggi
tetapi kemudian ternyata setelah melihat jalanan yg tajam mendaki lalu
jadi bingung dan gak tau mau ngapain, bisanya cuma noleh ke kiri ke
kanan aja, liatin pohon, gak maju2!


5. "Naik kereta api tut..tut..tut. . siapa hendak turut ke
Bandung..Surabaya. . bolehlah naik dengan naik percuma.. ayo kawanku
lekas naik..keretaku tak berhenti lama"
Nah, yg begini ini yg parah! mengajarkan anak- anak kalo sudah dewasa
maunya gratis melulu.
Pantesan PJKA rugi terus! terutama jalur Jakarta- Bandung dan
Jakarta-Surabaya!


6. "Di pucuk pohon cempaka.. burung kutilang berbunyi.. bersiul2
sepanjang hari dg tak jemu2..mengangguk2 sambil bernyanyi tri
lili..li..li. .li..li.. li..li"
Ini juga menyesatkan dan tidak mengajarkan kepada anak2 akan realita
yg sebenarnya. Burung kutilang itu kalo nyanyi bunyinya
cuit..cuit.. cuit..! kalo tri li li li li itu bunyi kalo yang nyanyi
orang, atau orang sambil pegang burung ...... bukan burung kutilang !


7.. "Pok ame ame.. belalang kupu2.. siang makan nasi, kalo malam minum
susu.."
Ini jelas lagu orang dewasa dan bukan untuk konsumsi anak2 ! karena yg
disebutkan diatas itu adalah kegiatan orang dewasa, bukan anak kecil.
Kalo anak kecil, karena belom boleh maem nasi, jadi gak pagi gak malem
ya minum susu dong !


8.Sewaktu seminar 'kesulitan belajar pada anak' dikasih contoh lagu
nina bobo nina bobo oh nina bobo kalau tidak bobo digigit nyamuk
menurut psikolog: jadi sekian tahun anak2 indonesia diajak tidur dgn
lagu yg "mengancam"


9.Bintang kecil dilangit yg biru...(Bintang khan adanya malem, lah
kalo malem bukannya langit item semua tuh ?)


10.Ibu kita Kartini...harum namanya. (Namanya Kartini atau Harum?)


11.Pada hari minggu..naik delman istimewa kududuk di muka.(Nah,gak sopan
khan..)


12.Cangkul-cangkul, cangkul yang dalam, menanam jagung dikebun
kita....(kalo mau nanam jagung, ngapain dalam-dalam emang mo bikin
sumur?)


13. Cicak, cicak di dinding, diam diam merayap, datang seekor
nyamuk...hap! ...lalu ditangkap. (emang cicak bisa nangkep, kalo bisa
juga pasti cicaknya langsung jatuh, kan nangkep pake tangan 2)

Sekedar intermezo jangan dianggap terlalu serius yach :)

BACK

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Artifact On an X-Ray

The following question was answered by an expert in the appropriate field:
Q
What does an artifact on an x ray mean? The first x ray (without sedation) showed a mass on the lymph nodes. The next x ray showed everything was fine. The doctor said the first one was an artifact.

A
In basic terms, an "artifact" on a diagnostic x-ray image is an area of the image that may look different from expected, although it is not necessarily something dealing with what is being imaged. An artifact may appear as light or dark spots, lines, fogging, specks, etc. They can be caused by motion, dirt on film, poor chemistry in a film processor, poor contact between the film and the cassette that holds the film, and so on. Types of artifacts may vary with the modality, for example, plain x-ray film, CT, or ultrasound, but the physician who interprets the image tries to make sure that false positive and false negative results are avoided. Ideally, the physician wants an image that contains no artifact…

Luka Tembak Di Kepala

Kejadian ini saat saya jaga malam di RS Sanglah tanggal 29 Juni 2010, sekitar pukul 22.00 datang seorang remaja dengan klinis luka tembak senapan angin di kepala, kata koas yang mengantar sebuah peluru tembus melalui kepala bagian belakang dan meninggalkan lubang di occipital.

Pasien dalam keadaan sadar baik, kepalanya dibalut perban. Segera saya lakukan ct scan kepala irisan axial sejajar OML. Mode yang saya pilih adalah Spiral dengan ketebalan irisan 5 mm, pitch 3 mm, maksudnya agar bisa di olah dengan baik oleh software nantinya.




Memang dalam irisan ct scan tampak gambaran beberapa proyektil peluru antra lain berada di petrosum dan beberapa bagian otaknya. Melalui pengukuran jarak saya dapatkan jarak antara lubang masuk peluru di occipital hingga proyektil terdalam di petrosum sejauh 12.4 cm, cukup jauh menurut saya kalau ini adalah hasil dari senapan angin. Saya dulu pernah terkena pentalan peluru di jari tangan tapi untungnya tidak menimbulkan luka, lecet pun tidak, cuma bengkak da…

Ulasan singkat Life's a Beach

Pukul 15.30 saya sampai ditempat acara yaitu pantai kuta di sebelah barat The Wave Bar. Begitu saya parkir motor, panitia sedang mengumumkan acara "Clean Up beach" yaitu menyusuri pantai sambil membawa kantong memunguti sampah non organik yang bertebaran disepanjang pantai, segera saja saya bergabung dalam gerombolan. Tampak Jerinx (SID) dan Bobby (SID) ikut dalam barisan sibuk memunguti sampah-sampah non organik yang memang dikenal tidak ramah lingkungan.

Disepanjang Pantai sore itu banyak terdapat kegiatan antara lain yang dapat saya ambil gambarnya adalah Demo Jual Beli Organ Tubuh di Cina oleh perkumpulan Falun Dafa. Tampak juga Demo Faun Dafa dengan sarana audio musik Cina yang tidak saya mengerti temanya.

Sampah yang dipungut oleh peserta kemudian dikumpulkan, lumayan banyak juga mendapat sampah non organik disepanjang pantai Kuta ini.

Acara selanjutnya diisi oleh Lonely King Low Rider yaitu parade naik sepeda keliling Kuta, acara ini diikuti juga oleh komunitas "Bi…