Custom Search

KUNJUNGI JUGA :

Blog Radiografer Indonesia

25 April 2009

Mitos Tentang Jerawat


Semua orang pasti pernah mengalami masalah dengan yang namanya jerawat dan semenjak kita remaja, sudah berkali-kali kita melihat dan mendengar berbagai mitos soal jerawat. Misalnya seperti kacang atau coklat akan memicu jerawat atau jerawat adalah tanda cinta, apakah benar seperti itu? Coba kita lihat apa kata ahli.

Mitos 1: Jerawat muncul karena kurang higienis
Mitos ini muncul karena adanya infeksi kulit yang merupakan pemicu jerawat. Tapi jika kita lihat proses terjadinya jerawat diatas, maka sudah jelas bahwa higiene sama sekali bukan faktor yang dapat memicu jerawat. Tapi memang kebersihan kulit dapat mengurangi terjadinya jerawat. Bilas muka dengan sabun lembut maksimal dua kali dalam sehari untuk mengurangi kemungkinan kulit wajah menjadi terlalu kering.

Mitos 2: Jerawat dipicu oleh makanan tertentu
Makanan seperti coklat, kacang, keju, keripik dan kerupuk yang berlemak sering dituding secara tidak adil sebagai penyebab timbulnya jerawat. Tidak pernah berhasil dibuktikan dalam penelitian manapun bahwa makanan seperti ini memicu timbulnya jerawat. Kemungkinan besar adalah makanan tersebut dikonsumsi karena stress, dan stress adalah faktor yang sangat berperanan dalam pertumbuhan jerawat. Tapi memang, lebih baik kurangi makanan diatas, walaupun bukan untuk mencegah jerawat, tapi setidaknya lemak dalam makanan tadi cukup berpotensi mengganggu kesehatan!

Mitos 3: Jerawat berhubungan dengan seks
Ada juga mitos yang menguhubungkan antara masturbasi, dan kurangnya hubungan seks akan memicu jerawat. Pemikiran dibalik ini adalah karena "hormon yang tidak tersalurkan" . Permasalahannya, hormon seks sama sekali tidak berhubungan dengan produksi sebum yang merupakan pemicu jerawat. Karena produksi hormon juga terpengaruh oleh stress dan rasa marah, maka tidak selalu orang berjerawat adalah orang yang memiliki "hormon yang terpendam"

Mitos 4: Jerawat harus dialami
Mitos ini aneh, jika bisa dihindari, kenapa tidak? Anda tidak harus merasakan sakitnya atau malunya menderita "serangan jerawat" jika anda mau berkonsultasi dengan dokter kulit, dengan perawatan dan obat-obatan yang tepat.

Mitos 5: Jerawat hanyalah masalah remaja
Memang benar bahwa jerawat banyak sekali dikalangan remaja, tapi bukan berarti masalah ini tidak dapat ditemui diantara orang dewasa. Jangan kuatir jika anda tiba-tiba mendapat serangan jerawat, karena faktor pemicu jerawat juga dapat anda alami ketika dewasa.
BACK

Baca Juga Yang Ini



No comments:

Post a Comment