Custom Search

KUNJUNGI JUGA :

Blog Radiografer Indonesia

15 March 2009

TERAPI MUSIK


Ini artikel yang saya dapat ketika menyusuri dunia maya untuk mencari musik untuk ibu hamil, semoga berguna.

Pengaruh musik klasik terhadap perkembangan intelektual seseorang, mungkin sudah cukup sering di bahas, namun mengenai sejauh mana musik berperan dalam kehidupan kita, itu baru persoalan baru.. Mungkin sebagian dari kita beranggapan bahwa lagu “simple plan” yang sangat bersemangat itu hanya sekedar mampir begitu saja di telinga kita, atau sebut saja lagu yang menjadi Original Sound Track dari film yg cukup popular hingga saat ini “titanic” jg cm sekedar lewat begitu saja. Padahl, tanpa kita sadari potensi musik yang menurut kita kecil, sederhana, dan uput dari perhatian kita, nyatanya membawa pengaruh yang begitu besar pada kehidupan kita. Masih gak percaya bahwa musik memiliki pengaruh yang begitu besar pd kehidupan kita???

Salah seorang ahli biofisika telah melakukan suatu percobaan tentang pengaruh musik bagi kehidupan makhluk hidup. Percobaannya adalah sebagai berikut:
Dua tanaman dari jenis dan umur yang sama diletakkan pada tempat yang berbeda. Yang satu diletakkan dekat dengan pengeras suara (speaker) yang menyajikan lagu-lagu slow rock dan heavy rock, sedangkan tanaman yang lain diletakkan dekat dengan speaker yang memperdengarkan lagu-lagu yang indah dan berirama teratur. Dalam beberapa hari terjadi perbedaan yang sangat mencolok. Tanaman yang berada di dekat speaker lagu-lagu rock menjadi layu dan mati, sedangkan tanaman yang berada di dekat speaker lagu-lagu indah tumbuh segar dan berbunga. Suatu bukti nyata bahwa musik sangat mempengaruhi kehidupan makhluk hidup. Apabila musik bisa memiliki pengaruh yang begitu besar pada mahluk hidup pada tingkatan tumbuhan, tentulah musik jg memiliki pengaruh yang lebih besar lg pada manusia, yang menurut Aristoteles adalah mahluk hidup yang paling tinggi tingkatannya di muka bumi ini.


Kita lihat beberapa fakta yang mungkin cukup anda sadari,
^misalkan saja pada saat anda patah hati, Tentunya pilihan anda pada saat itu akan jatuh pada lagu-lagu berirama rendah, mellow, dgn ritme yg sedikit menyayat hati..
^Atau pada saat anda sedang merasa sangat bahagia, tentunya lagu-lagu yang menjadi original soundtrack anda pada saat itu adalah lagu-lagu yang berirama gembira, dengan tempo yang tinggi, dan sedikit nge-beat..
^Atau jika anda dulu mempunyai seorang pasangan, anda berdua pasti memiliki lagu-lagu yang menjadi kenangan anda berdua, sekalipun ketika hubungan itu berakhir, saat anda mendengarkan lagu “kebangsaan milik berdua” , maka secara otomatis ingatan anda akan kembali kepadanya, tidak hanya kembali, tapi anda bahkan masi dpt mengingat dengan detil kapan, dimana, dan pada situasi seperti apa anda sedang mendengarkan lagu tersebut..
^Jika masih kurang, anda bisa melihat apa yg terjadi pada saat konser musik rock berlangsung, bisa di pastikan hampir semua penonton yg hadir akan ikut bergerak aktif, bener gak?
^Atau pada saat mendengarkan musik dangdut, sama-sama musik namun gerak tubuh pada saat mendengarkan kedua musik tersebut akan jauh berbeda..
^Atau tdk jarang anda menyukai sebuah musik krn syair dan liriknya sedang sesuai dengan apa yang saat ini anda rasakan..
Hal ini menjadi bukti bahwa, musik memiliki pengaruh yang begitu besar pada diri kita.

kebanyakan orang yang tinggal di perkotaan mengalami masalah sulit tidur, sulit berkonsentrasi dan mudah mengalami stress, yang salah satunya diakibatkan oleh suara bising. Berlawanan dengan suara bising tersebut, yang mempunyai fungsi desktruktif, kita juga mengenal kemampuan musik yang dapat memperbaiki mood, menyegarkan kembali hati dan pikiran, memberi suasana rileks, dan memperngaruhi kesehatan. yang juga sama hebatnya dengan kemampuan suara bising dalam menghancurkannya.

Melakukan terapi musik dapat dilakukan dengan sederhana, dapat mengatasi situasi yang manapun saat Anda butuhkan. Dalam dunia yang penuh kebisingan dan polusi suara, melakukan terapi musik mungkin cara terbaik untuk memulai revolusi menjalani hidup damai Anda sendiri.

Salah seorang psikolog pernah mengatakan bahwa, jika anda merasa hari ini begitu berat, coba cek hari anda, mungkin anda belum mendengarkan musik hari ini.

Baca Juga Yang Ini



1 comment:

  1. wah....mantap Putu Adinya ne.

    klo gitu nanti saya coba cara terapi di atas.

    ReplyDelete