Custom Search

KUNJUNGI JUGA :

Blog Radiografer Indonesia

21 November 2008

Ludah Menyembuhkan Luka


Siang tadi sempat baca dari harian Bali Post disebutkan bahwa ludah dapat menyembuhkan luka, penasaran dengan artikel tersebut iseng-iseng googling, ternyata dalam suatu forum artikel penelitian tersebut sudah ada sejak Mei 2008, kenapa Bali Post baru memuatnya ya? Tidak usah ditanggapi, lewati saja pertanyaan tersebut, tulisan saya kali ini bukan membahas Bali Post.

Begini bunyi artikelnya :

Zat pada Ludah Manusia Dapat Percepat Penyembuhan Luka

Washington (ANTARA News) - Para peneliti Belanda telah mengidentifikasi satu zat di dalam air ludah manusia yang mempercepat penyembuhan luka, demikian laporan mereka yang disiarkan Rabu di The Journal of Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB).

Tim peneliti tersebut mendapati bahwa "histatin", protein kecil di dalam air ludah yang sebelumnya hanya dipercaya membunuh bakteri bertanggung-jawab atas penyembuhan luka.

Penelitian itu mungkin menawarkan harapan kepada orang yang menderita luka kronis yang berhubungan dengan diabetes dan gangguan lain, serta luka traumatis dan luka bakar. Selain itu, karena zat tersebut dapat diproduksi secara massal, zat tersebut memiliki potensi untuk menjadi sama umumnya dengan krim antibiotik dan alkohol gosok.

"Kami berharap temuan kami pada akhirnya bermanfaat buat orang yang menderita luka yang tak kunjung sembuh, seperti borok di kaki dan luka akibat diabetes, serta bagi perawatan luka mengakibatkan trauma seperti luka bakar," kata Menno Oudhoff, penulis pertama laporan tersebut, seperti dukutip Xinhua.

"Studi ini bukan hanya menjawab pertanyaan biologi mengenai mengapa hewan menjilati luka mereka," kata Gerald Weissmann, Pemimpin Redaksi FASEB Journal.

"Itu juga menjelaskan mengapa luka di mulut, seperti luka setelah pencabutan gigi, sembuh jauh lebih cepat dibandingkan dengan luka pada kulit dan tulang. Itu juga mengarahkan kita untuk mulai memandang air ludah sebagai satu sumber bagi obat baru."
---

Sepertinya dikutip dari Antara, kantor berita Indonesia.

Kedua orang tua saya dari jaman kencing saya belum lurus sering bilang " kalau luka segera oles pakai ludah sebagai pertolongan pertama ". Lumayan sering juga saya memperaktekannya, dan memang terbukti cukup ampuh, luka jadi cepat kering dan tidak bernanah.

Baca Juga Yang Ini



4 comments:

  1. Ya. saya pernah mendengar ini dari nenek waktu kecil, yang membiarkan saja luka dijilat anjing, karena ludahnya membuat luka cepat mengering.....

    ReplyDelete
  2. wakkss yang bener nih? jadi ingat waktu kecil klo lecet biasanya pake tanah aja kakaakka

    ReplyDelete
  3. wah, luka koq dijilat anjing? :O :O :O

    ReplyDelete
  4. @Bli Pande Baik : Bole juga tuh bli, yang penting ludah ya.
    @Bli Pak Devari : Tanah diapain tuh cara pakenya?
    @KaiTou Kid : Loh yang penting kan ludah

    ReplyDelete