Langsung ke konten utama

Hujan Debu


Image Hosting by Picoodle.com
Sudah hampir 6 bulan ini, tempat tinggal saya di jalan Gunung Resimuka Perumnas Monang Maning Denpasar terkena hujan debu, bukan oleh karena letusan gunung berapi atau yang lebih ekstrim Global Warming yang sering dikait-kaitkan sebagai biang keladi bencana dunia.

Keadaan yang membuat kualitas hidup menurun itu disebabkan oleh proyek renovasi gorong-gorong yg selesai dilaksanakan 3 bulan lalu. Dari awal mula pelaksanaannya kira-kira 6 bulan yang lalu, yaitu pembongkaran gorong-gorong lama, debu sudah beterbangan yang tercipta oleh keringnya lumpur dan tanah hasil pengerukan sedimen dan pelebaran yang memakan beberapa bagian jalan.

Yang saya sangat sesalkan, kontraktor tidak memperhatikan keadaan pasca renovasi hingga berujung pada timbulnya debu disepanjang jalan dan menyebar masuk ke lingkungan perumahan yang terletak di sepanjang proyek akibat tiupan angin. Keadaan ini tidak hanya menimbulkan masalah kesehatan bagi kami penghuni perumahan tetapi juga sudah mulai merasuki wilayah dunia elektronik.

Sebagian besar barang-barang yang mempunyai komponen elektronika dan digital jadi rusak. Hingga saat ini saya sudah korban komputer meja, kipas angin, mesin cuci, Speaker stereo, Playstation dan lainnya.

Komputer meja kesayangan saya sudah tidak bisa digunakan, walaupun sementara bisa disiasati dengan membersihkan Motherboard dan lain-lain tetapi perbaikan itu hanya bersifat sementara, beberapa hari kemudian sudah mulai error lagi trus restart-restart sendiri dan sebagainya. Kipas angin saya juga rusak, mulanya tampak gelap oleh tumpukan debu, trus putaran menjadi berat akibat motornya tidak kuat memutar baling-baling yang berat oleh debu. Alat-alat lain pun hampir sama persis keadaannya.

Selain itu yang paling utama menurut saya adalah masalah kesehatan. Istri saya sudah beberapa hari ini menderita radang paru-paru dan tidak bisa menjalankan kewajibannya di tempat kerja dan dalam rumah tangga. Akhirnya saya ungsikan sementara ke rumah mertua yang keadaan lingkungannya lebih bersih agar tidak memperberat keadaannya. Saya pun sering mengalami batuk dan bersin syukur badan masih bisa diajak beraktifitas.

Waduh, bagaimana ini pemerintah dan penguasa, masihkah kami harus bersabar? Kami sudah lelah dengan penderitaan ini, apa yang harus kami lakukan untuk memperoleh kualitas hidup yang lebih baik persis seperti sebelum renovasi dilakukan? Kami sangat mengharapkan solusi terbaik dari anda-anda decision maker negeri ini.

Bagi rekan-rekan pembaca yang mengerti bagaimana jalan untuk meminta bantuan kepada instansi yang terkait mohon kesediaannya berbagi disini.
Image Hosting by Picoodle.com

Image Hosting by Picoodle.com
Pohon-pohon besar perindang jalan juga ikut ditebang, menyedihkan.

Image Hosting by Picoodle.com
Keadaan paling ditakuti apa bila ada truk atau kendaraan berbodi besar yang lewat, pasti debu semakin bergulung naik dan menyebar...ugh..mimpi buruk.

Image Hosting by Picoodle.com

Komentar

  1. bersiin dong bli.. beresin sendiri gitu.. *kabur*

    BalasHapus
  2. Begh..Tante jangan kabur gitu donk, bantuin gih!!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Artifact On an X-Ray

The following question was answered by an expert in the appropriate field:
Q
What does an artifact on an x ray mean? The first x ray (without sedation) showed a mass on the lymph nodes. The next x ray showed everything was fine. The doctor said the first one was an artifact.

A
In basic terms, an "artifact" on a diagnostic x-ray image is an area of the image that may look different from expected, although it is not necessarily something dealing with what is being imaged. An artifact may appear as light or dark spots, lines, fogging, specks, etc. They can be caused by motion, dirt on film, poor chemistry in a film processor, poor contact between the film and the cassette that holds the film, and so on. Types of artifacts may vary with the modality, for example, plain x-ray film, CT, or ultrasound, but the physician who interprets the image tries to make sure that false positive and false negative results are avoided. Ideally, the physician wants an image that contains no artifact…

Luka Tembak Di Kepala

Kejadian ini saat saya jaga malam di RS Sanglah tanggal 29 Juni 2010, sekitar pukul 22.00 datang seorang remaja dengan klinis luka tembak senapan angin di kepala, kata koas yang mengantar sebuah peluru tembus melalui kepala bagian belakang dan meninggalkan lubang di occipital.

Pasien dalam keadaan sadar baik, kepalanya dibalut perban. Segera saya lakukan ct scan kepala irisan axial sejajar OML. Mode yang saya pilih adalah Spiral dengan ketebalan irisan 5 mm, pitch 3 mm, maksudnya agar bisa di olah dengan baik oleh software nantinya.




Memang dalam irisan ct scan tampak gambaran beberapa proyektil peluru antra lain berada di petrosum dan beberapa bagian otaknya. Melalui pengukuran jarak saya dapatkan jarak antara lubang masuk peluru di occipital hingga proyektil terdalam di petrosum sejauh 12.4 cm, cukup jauh menurut saya kalau ini adalah hasil dari senapan angin. Saya dulu pernah terkena pentalan peluru di jari tangan tapi untungnya tidak menimbulkan luka, lecet pun tidak, cuma bengkak da…

Ulasan singkat Life's a Beach

Pukul 15.30 saya sampai ditempat acara yaitu pantai kuta di sebelah barat The Wave Bar. Begitu saya parkir motor, panitia sedang mengumumkan acara "Clean Up beach" yaitu menyusuri pantai sambil membawa kantong memunguti sampah non organik yang bertebaran disepanjang pantai, segera saja saya bergabung dalam gerombolan. Tampak Jerinx (SID) dan Bobby (SID) ikut dalam barisan sibuk memunguti sampah-sampah non organik yang memang dikenal tidak ramah lingkungan.

Disepanjang Pantai sore itu banyak terdapat kegiatan antara lain yang dapat saya ambil gambarnya adalah Demo Jual Beli Organ Tubuh di Cina oleh perkumpulan Falun Dafa. Tampak juga Demo Faun Dafa dengan sarana audio musik Cina yang tidak saya mengerti temanya.

Sampah yang dipungut oleh peserta kemudian dikumpulkan, lumayan banyak juga mendapat sampah non organik disepanjang pantai Kuta ini.

Acara selanjutnya diisi oleh Lonely King Low Rider yaitu parade naik sepeda keliling Kuta, acara ini diikuti juga oleh komunitas "Bi…