Custom Search

KUNJUNGI JUGA :

Blog Radiografer Indonesia

14 September 2008

Penjelasan Ilmiah ' Ditindih Hantu '

Saya agak bingung menyebutkan namanya. Kalau tidak salah sewaktu saya kuliah di Jawa namanya "kentindihen" karena dianggap kita lagi ditindih Hantu, Jin dsb..rekan saya dari Sunda bilang namanya "eurep-eurep" kalo gak salah, kejadiannya seperti ini, pas kita lagi tertidur dan terbangun kita merasakan ada sesuatu yang membuat tubuh kita tidak bisa bergerak, kaki dan tangan kaku,bahkan untuk membuka mata lebar2 juga susaaah banget. Kita hanya bisa mematung dan terus mematung pasrah atas apa yang terjadi...ada yang bilang saat itu jin atau ada yang percaya hantu lagi menindih tubuh kita, jadinya kita gak bisa bergerak...ternyata, menurut kalangan ilmiah, kondisi yang demikian dinamakan SLEEP PARALYSIS.

Begini penjelasan ilmiahnya menurut ilmuwan, saat kita lagi asyik2 tertidur tiba-tiba saja saraf motorik kita berkontraksi dan membuat kita jadi terbangun. Namun, pada saat itu otak kita belum siap menerima kalau kita ternyata udah bangu. Pada saat kita tidur, yang bekerja adalah saraf motorik kita, akhirnya kita ga sadar bergerak-gerak dalam tidur. Kadang ada yang heran kan waktu mau tidur posisi kepala di sebelah sana eh bangun tau2 posisi kepala udah ke sana, begitu juga halnya kita tidak sadar saat menggaruk-garuk ketika tengah tidur.

Nah, pada saat tertentu, kondisi yang demikian tanpa kita sadari membuat kita terjaga namun otak belum siap. ibaratnya otak kita masih tidur. Jadi saat kita akan menggerakan tangan, kaki, ataupun buka mata lebar-lebar, tidak direspon sama otak. ya, jadilah kondisi yang demikian. kita hanya bisa menunggu sampai otak benar-benar bangun dan baru kita bisa bergerak.

Setelah mengetahui semua sekarang saya mempunyai penjelasan ilmiah ketika suatu saat saya mengalami hal yang seperti itu, jadi tidak terlalu takut lagi dengan anggapan ditindih hantu, karena udah ada penjelasan ilmiahnya. Lumayan sering juga saya mengalami kejadian seperti ini, cara mengatasinya biasanya dengan mengatur nafas, tenang dan doa. Semoga bisa membantu.

Baca Juga Yang Ini



2 comments:

  1. Sleep paralysis..? Baru dengar saya juga. Bagus artikelnya Pak Putu..
    Salam kenal!
    Tugas di mana ya..?

    Saya, Eka K. di http://SpesialisBedah.com
    Masih pemula di dunia blog ini...

    ReplyDelete
  2. Terima kasih dok, Tulisan pak Dokter juga bagus sekali. Dunia Blog Bali semakin berwarna dengan kehadiran pak Dokter Bedah.
    Tetap berkarya ya Dok.

    Saya tugas di Radiologi RS Sanglah dan RS Graha Asih. Dokter Sam bekas atasan saya di BIMC dulu. Sekarang bersama dokter di Surya Husada.

    ReplyDelete