Langsung ke konten utama

Geliat Radiografer On Internet

Ini adalah ketikan kedua saya setelah sebelumnya tidak tersimpan lalu kemudian terjadi kesalahan yang mengakibatkan semua jerih payah saya semalam suntuk hilang. Akhirnya dengan sisa-sisan tenaga saya coba mengulanginya dari awal.

Beberapa bulan belakangan ini saya amati aktifitas radiografer Indonesia dalam dunia Internet mulai merangkak naik, terbukti dengan banyaknya Website, blog, milis, jaringan pertemanan dan lain-lain. Saya akan coba ulas satu persatu disini.

1. Saya mulai dari blog pak Nova Rahman : Tidak diragukan lagi blog milik Ketua Jurusan Prodi D3 TRO pada Unif  Baiturrahman Padang SumBar ini merupakan blog radiografi terlama, teraktif, dan terbanyak dari segi judul tulisan yang diposting terbukti dengan menempati urutan pertama dalam indeks mesin pencari google untuk katagori radiografer. Lewat blog yang memiliki semboyan tempat nongkrong radiografer se-indonesia inilah saya mengenal dunia blogging dan dunia tulis menulis radiografi, jadi secara tidak langsung saya memiliki hubungan emosi mendalam terhadap blog ini. Belum lengkap rasanya melanglang dunia maya tanpa mampir dan menoreh jejak tangan dalam blog ini. Tercatat sudah kurang lebih ada 99 judul postingan dari awal mula yang berangka tahun 21 Desember 2006. Tetap berkarya ya pak Nova, salam saya pengunjung setia blog anda.

2. Pos Radiografer milik Wahyu Hidayat : Blog yang saat ini memiliki tag "InfoRadiografer" merupakan blog radiografi favorit kedua yang sering saya kunjungi setelah blog Pak Nova Rahman, Desainnya yang apik menunjukan ilmu web desain dari pemilik yang juga staf dosen Poltekes Jakarta II jur TRO ini amat tinggi. Didesain dengan 3 Bar memuat beberapa menu page yang penting untuk disimak antara lain bursa kerja, peluang usaha, jurnal radiografer, album radiografer dan download. Silahkan dijelajah tulisan-tulisan yang disuguhkan cukup menambah wawasan radiografi anda.

3. Puskaradim (Pusat Kajian Radiografi dan Imajing) milik bapak Arif Jauhari ini adalah blog yag paling cocok dikunjungi bagi mahasiswa atau radiografer yang ingin mencari refrensi buku atau makalah radiografi berbahasa Indonesia, selain memiliki sistematika penulisan yang ilmiah juga kaya akan pengetahuan formal radiografi. Blog yang saat ini  memiliki postingan terakhir berjudul "Studi Upaya Menurunkan Dosis Serap Radiasi Pada Lensa Mata Pasien Dengan Menggunakan Metode baru" tercatat telah memiliki pengunjung sebanyak 3244 dari sejak awal diluncurkan tanggal 8 November 2007. Tetap berkarya ya pak Arif.

4.Blog Pribadi saya ini yang akhirnya bernama www.radiograferbali.co.cc setelah sebelumnya sempat beberapa kali berganti domain mulai dari www.putuadisusanta.blogspot.com kemudian www.radiograferbali.co.nr sempat juga www.radiograferbali.tk dan akhirnya saya tetapkan kemudian seperti sekarang ini. Saya tidak akan menjelaskan panjang lebar isinya, silahkan disimak sendiri, jujur saja inspirasi tercipta blog ini sepenuhnya dari bapak Nova Rahman. Dimulai dari 19 April 2008 saat ini telah memiliki 72 postingan dan semoga bisa terus bertambah.

5. Radiografer.Net yang bercita-cita ingin menjadi media komunikasi radiografer on line Indonesia adalah blog berbayar saya yang perdana dimulai pada tanggal 6 Juli 2008 (6,7,8) dengan mengimport isi dari blog pribadi saya yang memang awalnya hendak saya jadikan sebagai blog pribadi, namun akhirnya saya berfikir kenapa menggunakan nama besar radiografer untuk diri pribadi, setelah konsultasi dengan dosen on line saya jadilah afiliasi seperti sekarang ini. Silahkan di-explore untuk mengetahui lebih jauh, kelak akan saya buatkan topik khusus tentang radiografer.net, sementara cukup begini dulu.

6. Radiografer.com semula bernama radiografer.co.cc ini adalah milik rekan Dedi Rahmatullah, radiografer asal dari prop Banten. Pengguna setia CMS Joomla ini juga membuat situs untuk PARI Pusat yang memang terlihat lebih baik dari situs PARI sebelumnya. Saya sangat kesulitan menemukan biografi founder radiografer.com ini jadinya tidak bisa menulis panjang lebar tentang beliau. Kelihatannya blog ini baru berganti theme, ini adalah bukti ilmu web desain rekan Dedi bisa diandalkan. Tetap berkarya.

7. PARI.or.id adalah situs milik PARI kepanjangan dari Perhimpunan Radiografer Indonesia, dibuat oleh rekan Dedi Rahmatullah diresmikan pada saat workshop PARI Pusat di Anyer Banten pada tanggal 18-20 Juli 2008. Semoga bisa memberi pencerahan dan pengayom bagi kemajuan dunia radiografi tanah air.

Sekian dahulu review saya, nanti saya akan sambung lagi dengan situs radiografi yang lainnya yang kira-kira berjumlah lebih dari dua puluhan blog.

Komentar

  1. Saya sangat terharu membaca artikel ini, jujur dulu waktu saya melakukan posting untuk pertama kalinya dua tahun lalu, saya hanya berharap ada satu ada dua radiografer yang membuka blog saya yang memang saya dedikasikan untuk Radiografer di Indonesia, ingat cuma satu atau dua radiografer yang saya inginkan saat itu. Ketika saya baca artikel ini, saya sangat terharu, betapa tidak, orang seperti saya ini ternyata mampu meng-inspirasi seorang radiografer dari Bali yang Multitalenta (seorang radiografer, anak band, bisa surfing, mampu baca CT Scan, punya temen banyak dll), untuk kemudian membuka blog yang juga didedikasikan untuk Radiografer Tanah Air. Saya bangga dengan Putu, saya juga banyak belajar dari Putu kok, saya sering juga buka radiograferbali.co.cc, mungkin kalo saya bisa bilang, Putu adalah radiografer pertama yang menurut saya menyebarkan atmosfir spirit yang pernah saya dispersikan ke udara, dan kemudian orang-orang terutama radiografer di Indonesia tahu keberadaan dan kualitas radiografer itu sendiri seperti apa..... terus berkarya Putu, saya tidak pernah merasa terasingi oleh kehadiran Blog Putu, saya malah sekarang menginginkan ada satu atau dua juta radiografer yang membaca blog saya, blog kamu, blog teman-teman yang lain, kemudian menyebarkan atmosfir spirit yang pernah saya dispersikan ke udara dua tahun lalu....

    regards,

    nova

    BalasHapus
  2. SELAMAT TAHUN BARU 2015..
    Informasi yang sangat BERMANFAAT..
    Terima kasih..
    Semoga SUKSES & Salam KENAL dari :
    ==============================

    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN”
    ~
    ..Bukan SULAP bukan SIHIR
    Asap di GEROBAK, jadi UANG di KANTONG anda..
    ~
    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN” merupakan
    paket usaha kuliner yang mudah dijalankan,
    murah & mempunyai tingkat pengembalian modal yang sangat singkat.
    Hanya dengan Rp. 7.500.000,- Anda sudah dapat menjalankan
    BISNIS KULINER yang terbaik saat ini.
    ~
    Anda akan mendapatkan :
    -. Gerobak
    -. Peralatan masak bakar
    -. Peralatan masak goreng
    -. Kompor, tabung gas & regulatornya
    -. Brosur
    -. Spanduk
    -. Poster
    -. Produk Awal Ayam Tulang Lunak
    -. Kaos
    -. Training (Pelatihan) PELAYANAN (khusus mitra dalam Jabodetabek)
    ~
    Materi inti Training Pelayanan :
    -. Tata cara persiapan pembukaan outlet.
    -. Tata cara membakar & menggoreng ayam tulang lunak
    -. Tata cara menyajikan ayam tulang lunak
    -. Tata cara menyimpan ayam tulang lunak
    ~
    Silakan kunjungi web kami:
    ~
    www.tulanglunakgerobakan.com
    ~
    atau :
    Telpon & HP :
    081318374450 (Telkom)
    08561070103 (Indosat)
    081806396669 (XL)
    021-94946600 (esia)
    021-70264774 (Flexi)
    Kantor: 021-4759274
    PIN BB : 28C97C54
    email : bumi.amrita@ymail.com
    ~
    & dapatkan kemudahan & keterangan lebih lanjut.
    Menu-menu andalan kami adalah :
    1. Ayam Bakar Tulang Lunak
    2. Ayam Goreng Tulang Lunak
    3. Pepes Ayam Tulang Lunak
    4. PepesCeker Tulang Lunak
    5. Bebek Bakar & Goreng
    ~
    Paket Usaha kami berikut menu andalannya telah diliput oleh :
    - Trans TV – Prog Jelang Siang – 28 November 2011 Pk 12.30 WIB
    - ANTV – Program Topik Pagi – 18 Juni 2012 Pk 04.45 WIB -> klik di sini
    dgn URL : http://www.youtube.com/watch?v=WrC1PvqExXc
    ~
    Program Usaha Ayam Tulang Lunak Gerobakan :
    1. Program Dalam Kota
    2. Program Luar Kota ( Program Master Mitra Mandiri)
    Terdiri :
    -. Paket Usaha Standar
    -. Mesin Presto
    -. Training Produksi
    Training Produksi bisa dilakukan di Jakarta atau di tempat mitra.
    Info lebih lanjut bisa dilihat di :
    http://www.tulanglunakgerobakan.com/mfm.html
    ~
    Ingin mencicipi sebelum bermitra ? Silakan order Paket Tester kami yg berisi :
    4 potong ayam tulang lunak (bisa dibakar & digoreng).
    2 pepes ayam tulang lunak
    2 pepes ceker ayam tulang lunak
    2 bebek presto (bisa dibakar & digoreng)
    1 bungkus SAMBAL khas gerobakan
    ~
    Untuk wilayah Jabodetak, kita antar ke tempat calon mitra
    & calon mitra bisa langsung berdiskusi dengan ACCOUNT OFFICER (AO) kami..
    ~
    Tunggu apa lagi, langsung silakan order…
    ~
    SUKSES sudah ada di depan mata kita, AYO BER-WIRAUSAHA !
    ~
    ~

    BalasHapus
  3. MEMBUTUHKAN SEGERA
    Tenaga RADIOGRAFER
    Kualifikasi / Persyaratan :
    1. Pendidikan min.D3 Radiologi
    2. Pria /Wanita usia max. 32 tahun
    3. Pengalaman kerja minimal 1 tahun di posisi yang sama / terbuka untuk Fresh Graduated


    KUALIFIKASI UMUM:
    1. Berorientasi pada pelayanan pasien ( ramah dan memiliki kemampuan komunikasi yang cakap );
    2. Memiliki interpersonal & kepribadian yang kuat ;
    3. Memiliki komitmen & integritas yang tinggi ( jujur, rajin, tekun , teliti & tanggungjawab)
    4. Disiplin waktu & mampu bekerja dalam team ;
    5. Penempatan di Bandung.


    Kirimkan surat lamaran (tulis posisi yang dilamar di amplop /di subjek email ), CV, Pas Photo 4x6, Fotocopy Ijazah, Surat Refrensi / Pengalaman kerja, KTP beserta nomor telepon / HP yang dapat dihubungi ke alamat:

    HRD . KLINIK UTAMA ELIM
    Jl. Jend. Sudirman No. 190 – Bandung 40181
    E: recruitment.elimmedicalcenter@gmail.com


    022-6029696 /6029797/ Ext. 303


    022-6077852

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Artifact On an X-Ray

The following question was answered by an expert in the appropriate field:
Q
What does an artifact on an x ray mean? The first x ray (without sedation) showed a mass on the lymph nodes. The next x ray showed everything was fine. The doctor said the first one was an artifact.

A
In basic terms, an "artifact" on a diagnostic x-ray image is an area of the image that may look different from expected, although it is not necessarily something dealing with what is being imaged. An artifact may appear as light or dark spots, lines, fogging, specks, etc. They can be caused by motion, dirt on film, poor chemistry in a film processor, poor contact between the film and the cassette that holds the film, and so on. Types of artifacts may vary with the modality, for example, plain x-ray film, CT, or ultrasound, but the physician who interprets the image tries to make sure that false positive and false negative results are avoided. Ideally, the physician wants an image that contains no artifact…

Luka Tembak Di Kepala

Kejadian ini saat saya jaga malam di RS Sanglah tanggal 29 Juni 2010, sekitar pukul 22.00 datang seorang remaja dengan klinis luka tembak senapan angin di kepala, kata koas yang mengantar sebuah peluru tembus melalui kepala bagian belakang dan meninggalkan lubang di occipital.

Pasien dalam keadaan sadar baik, kepalanya dibalut perban. Segera saya lakukan ct scan kepala irisan axial sejajar OML. Mode yang saya pilih adalah Spiral dengan ketebalan irisan 5 mm, pitch 3 mm, maksudnya agar bisa di olah dengan baik oleh software nantinya.




Memang dalam irisan ct scan tampak gambaran beberapa proyektil peluru antra lain berada di petrosum dan beberapa bagian otaknya. Melalui pengukuran jarak saya dapatkan jarak antara lubang masuk peluru di occipital hingga proyektil terdalam di petrosum sejauh 12.4 cm, cukup jauh menurut saya kalau ini adalah hasil dari senapan angin. Saya dulu pernah terkena pentalan peluru di jari tangan tapi untungnya tidak menimbulkan luka, lecet pun tidak, cuma bengkak da…

Ulasan singkat Life's a Beach

Pukul 15.30 saya sampai ditempat acara yaitu pantai kuta di sebelah barat The Wave Bar. Begitu saya parkir motor, panitia sedang mengumumkan acara "Clean Up beach" yaitu menyusuri pantai sambil membawa kantong memunguti sampah non organik yang bertebaran disepanjang pantai, segera saja saya bergabung dalam gerombolan. Tampak Jerinx (SID) dan Bobby (SID) ikut dalam barisan sibuk memunguti sampah-sampah non organik yang memang dikenal tidak ramah lingkungan.

Disepanjang Pantai sore itu banyak terdapat kegiatan antara lain yang dapat saya ambil gambarnya adalah Demo Jual Beli Organ Tubuh di Cina oleh perkumpulan Falun Dafa. Tampak juga Demo Faun Dafa dengan sarana audio musik Cina yang tidak saya mengerti temanya.

Sampah yang dipungut oleh peserta kemudian dikumpulkan, lumayan banyak juga mendapat sampah non organik disepanjang pantai Kuta ini.

Acara selanjutnya diisi oleh Lonely King Low Rider yaitu parade naik sepeda keliling Kuta, acara ini diikuti juga oleh komunitas "Bi…