Langsung ke konten utama

Mozzilla Firefox 3


Image Hosting by Picoodle.com
Sudah hampir dua bulan saya menggunakan firefox 3 dalam aktifitas jelajah dunia maya, sampai sejauh ini kinerja browser yang aslinya dulu bernama Phoenix ini cukup memuaskan dihati, loading speed semakin cepat, tampilan baru yang tampak bagus dan rapi ditambah support bahasa Indonesia dirasa cukup membantu bagi pengguna yang merasa kurang nyaman dengan bahasa Inggris, namun bagi yang masih nyaman dengan English sebagai default language fitur bahasa tadi masih bisa diubah. Cukup kerepotan juga awalnya pada saat akan mengubah setting bahasa menjadi English karena tidak familiar dengan ejaan bahasa Indonesia baku yang ditampilkan, namun dengan sedikit perjuangan dengan mengingat-ingat pelajaran bahasa Indonesia sewaktu SMA akhirya saya bisa mengubah setting bahasa menjadi English, caranya Klik Alat -> Pengaturan -> Isi -> Bahasa -> Pilih Bahasa.

Firefox versi 3.0 yang dirilis pada 17 Juni 2008 mengklaim telah memecahkan rekor download day pada hari pertamanya dengan 8 Juta download dalam 24 jam. Browser dengan semboyan "Browser That Has It All" ini memiliki banyak fitur yang mungkin masih sedikit orang yang tahu seperti misalnya :

1. Blok teks yang tidak beraturan:Kita bisa melakukan blok pada teks yang ada dihalaman web secara acak. Lakukan blok pada salah satu baris teks, lalu tekan tombol Ctrl (Cmd untuk Mac) untuk menambah teks yang akan diblok tanpa menghilangkan bekas blok yang terakhir tadi, sehingga kita bisa menyalin beberapa kata yang penting dengan mudah.

2. Duplikasi tab:Tekan tombol “Ctrl” di keyboard saat melakukan drag sebuah tab ke tempat kosong untuk menduplikasi tab yang ada beserta sejarahnya. Fitur ini tidak ada di Firefox versi Mac.

3. Memindahkan tab ke jendela lain:Cukup dengan melakukan drag tab yang ada dan drop ke jendela browser lain. Jika tab yang dipindahkan merupakan tab satu-satunya di jendela tersebut, jendela browser tersebut secara otomatis tertutup.

4. Merubah ukuran search bar: Kita dapat mengubah search bar dengan melakukan drag pada garis pembatas yang berada di antara search bar dan address bar (tidak terlihat pada Firefox versi Windows dan Linux, tetapi tetap trik ini tetap dapat Anda lakukan).

5. Menambah keyword pencarian: Pada search bar klik ikon mesin pencari untuk membuka dropdown dan lalu pilih “Manage Search Engines…”. Pilih salah satu search engine yang ada kemudian klik “Edit Keyword…” Masukkan kata kunci tertentu untuk mesin pencari tersebut, contohnya untuk Google kita menggunakan keyword “go.”
Setelah menambahkan keyword, kita dapat menggunakan Google melalui address bar dengan mengetikkan keyword mesin pencari yang ingin Anda pakai, spasi dan kata kunci yang hendak kita cari. Contoh “go berita komputer” (mencari kata kunci berita komputer dengan Google). Fitur ini berguna untuk Anda yang sering menggunakan beberapa mesin pencari yang berbeda.

6. Mesin pencarian add-ons terintegrasi: Sekarang kita tidak perlu lagi mengunjungi situs AMO (Add-ons Mozilla), karena sekarang sudah fasilitas untuk mencari dan mendownload langsung add-ons yang ada di Tools > Add-ons > Get Add-ons.

7. Menonaktifkan plugin:Salah satu komponen yang sering menyebabkan Firefox crash adalah plugin yang tidak ditulis dengan baik. Sekarang Anda bisa menonaktifkannya salah satu plugin yang ada melalui Add-ons Manager di Tools > Add-ons > Plugins. Walaupun sudah ada sejak Firefox 2, tetapi fitur ini tidak banyak digunakan.

8. Melacak penyebab crash: Pada address bar ketik :about:crash” untuk mendapatkan daftar kejadian crash yang dikirimkan oleh Breakpad (reporter Mozilla khusus crash). Klik salah satu laporan crash untuk mendapatkan detil informasi yang disediakan oleh Socorro (server Mozilla khusus untuk melaporkan masalah crash).

Selain itu juga ada :
* Souped-up Add-ons manager
* More intuitive interface overall
* Stronger phishing and malware protection
* Improved download manager
* Native looks for every system
* Streamlined "Remember password" handling
* Smart bookmarks
* Places Organizer replaces the Bookmark Manager
* Smart Location Bar learns how you browse
* Insanely improved performance
Untuk lebih detail bisa dilihat di Lifehacker

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Artifact On an X-Ray

The following question was answered by an expert in the appropriate field:
Q
What does an artifact on an x ray mean? The first x ray (without sedation) showed a mass on the lymph nodes. The next x ray showed everything was fine. The doctor said the first one was an artifact.

A
In basic terms, an "artifact" on a diagnostic x-ray image is an area of the image that may look different from expected, although it is not necessarily something dealing with what is being imaged. An artifact may appear as light or dark spots, lines, fogging, specks, etc. They can be caused by motion, dirt on film, poor chemistry in a film processor, poor contact between the film and the cassette that holds the film, and so on. Types of artifacts may vary with the modality, for example, plain x-ray film, CT, or ultrasound, but the physician who interprets the image tries to make sure that false positive and false negative results are avoided. Ideally, the physician wants an image that contains no artifact…

Luka Tembak Di Kepala

Kejadian ini saat saya jaga malam di RS Sanglah tanggal 29 Juni 2010, sekitar pukul 22.00 datang seorang remaja dengan klinis luka tembak senapan angin di kepala, kata koas yang mengantar sebuah peluru tembus melalui kepala bagian belakang dan meninggalkan lubang di occipital.

Pasien dalam keadaan sadar baik, kepalanya dibalut perban. Segera saya lakukan ct scan kepala irisan axial sejajar OML. Mode yang saya pilih adalah Spiral dengan ketebalan irisan 5 mm, pitch 3 mm, maksudnya agar bisa di olah dengan baik oleh software nantinya.




Memang dalam irisan ct scan tampak gambaran beberapa proyektil peluru antra lain berada di petrosum dan beberapa bagian otaknya. Melalui pengukuran jarak saya dapatkan jarak antara lubang masuk peluru di occipital hingga proyektil terdalam di petrosum sejauh 12.4 cm, cukup jauh menurut saya kalau ini adalah hasil dari senapan angin. Saya dulu pernah terkena pentalan peluru di jari tangan tapi untungnya tidak menimbulkan luka, lecet pun tidak, cuma bengkak da…

Ulasan singkat Life's a Beach

Pukul 15.30 saya sampai ditempat acara yaitu pantai kuta di sebelah barat The Wave Bar. Begitu saya parkir motor, panitia sedang mengumumkan acara "Clean Up beach" yaitu menyusuri pantai sambil membawa kantong memunguti sampah non organik yang bertebaran disepanjang pantai, segera saja saya bergabung dalam gerombolan. Tampak Jerinx (SID) dan Bobby (SID) ikut dalam barisan sibuk memunguti sampah-sampah non organik yang memang dikenal tidak ramah lingkungan.

Disepanjang Pantai sore itu banyak terdapat kegiatan antara lain yang dapat saya ambil gambarnya adalah Demo Jual Beli Organ Tubuh di Cina oleh perkumpulan Falun Dafa. Tampak juga Demo Faun Dafa dengan sarana audio musik Cina yang tidak saya mengerti temanya.

Sampah yang dipungut oleh peserta kemudian dikumpulkan, lumayan banyak juga mendapat sampah non organik disepanjang pantai Kuta ini.

Acara selanjutnya diisi oleh Lonely King Low Rider yaitu parade naik sepeda keliling Kuta, acara ini diikuti juga oleh komunitas "Bi…