Custom Search

KUNJUNGI JUGA :

Blog Radiografer Indonesia

01 July 2008

Citra Artifact


Berikut ini adalah citra abdomen yang berisi banyak artefak radioopaque berbentuk kuku, apakah ada rekan-rekan radiografer yang pernah mengalaminya?? Sharing donk disini.

Saya mendapatkan artefak ini pada saat membuat foto abdomen AP, dengan kondisi pasien sedang, menggunakan fator eksposi standar, pencucian Automatic Processing, kondisi chemical masih bagus.

Menurut pendapat saya Artefak tersebut muncul karena loading film dari box tidak bagus alias tertekuk - tekuk, mungkin pada saat merobek atau membuat lubang keluaran film pada box tidak sempurnya jadi setiap film diambil, ujung-ujungnya menabrak pinggiran lubang sehingga menyebabkan tekukan di tengah film. Tekukan tersebut jika dicuci akan menimbulkan artefak radioopaque.

Demikian analisa yang dapat saya sampaikan, jika ada yang bisa menambahkan silahkan mengisi pada kolom komentar. Terima kasih.

Image Hosting by Picoodle.com

Image Hosting by Picoodle.com

BACK

Baca Juga Yang Ini



3 comments:

  1. hallo brotha pha khabar,,,
    numpang nimbrung yakz,,,
    aq pernah ngalamin artefak itu mas,,tu artefak klu gak salah memang dari semacam kuku,,pas waktu pengambilan atau pas waktu naruh film di kaset,,cendrungnya pas masukin film ke kaset deh mas,,cz kita sering menggerak2an film apakah dah pas dengan kasetnya,,
    mohon koreksinya ya mas....
    tanxs

    ReplyDelete
  2. klo kuku aja ga mungkin,,,film dikebas-kebaskan juga bisa bentuk artefaknya kaya' gtu,,,secara aq pernah melakukannya dulu,,,hihihi,,,,

    ReplyDelete
  3. Kalo saya, artefak itu terjadi sewaktu mengeluarkan film dari boxnya kena tekuk-tekuk karena robekan boxnya kekecilan.

    ReplyDelete