Custom Search

KUNJUNGI JUGA :

Blog Radiografer Indonesia

01 June 2008

Klinik, Cita-cita dan Rencana


Bebarapa waktu yang lalu tempat saya bekerja sempat terjadi kerusakan alat konvesinal radiografi, akhirnya agar pelayanan dapat tetap berjalan dipakailah mobile unit sebagai pengantinya untuk sementara, cukup lama juga menggunakan mobile unit ini, rupanya kerusakan konvensional tidak dapat ditangani dengan segera, mungkin suku cadangnya sulit dicari akibat sudah stop produksi maklum alatnya termasuk katagori Jadul, setahu saya dipasang tahun 1990 yah kira-kira umurnya 18 tahun lah.

Selama menggunakan mobile unit ini tidak pernah ada masalah serius, semua pemeriksaan dan proyeksi dapat dilakukan dengan baik, tidak ada kendala dalam faktor eksposi dan keleluasaan penggunaan, ini berlawanan dengan apa yang saya dengar awal-awal bekerja dulu bahwa mobile unit hanya bisa buat thorax saja, tapi kenyataannya sekarang semuanya bisa dilakukan.

Kejadian inilah yang menggelitik naluri kapitalis saya untuk kreatif, kalo begini tentu saya bisa bikin klinik radiologi dengan biaya yang tidak terlalu mahal, cukup sediakan alat-alat utama yaitu :

1. Pesawat Mobile unit
(gambar menyusul)

2. Tanki processing seperti gambar dibawah


3. Hanger


4. Safe Light


5. Kaset dan Film


5. Beserta kelengkapan yang lain seperti proteksi radiasi dan lain-lain.

Bagaimana tanggapan rekan-rekan?? Kira-kira berapa jumlah modal yang harus dipersiapkan untuk spesifikasi klinik model begini?? mohon sharingnya yach.

Denger-denger kalo pake mobil unit jika dipakai sering-sering cepet bikin rusak atau jebol ya??bener ga sih??

Baca Juga Yang Ini



4 comments:

  1. saya kirain mahal, ternyata bisa diakalin ya...

    oya tu, salam buat dokter dekwie ya

    ReplyDelete
  2. Iya dok, salam Balik katanya.

    Dokter Dek Dwi C ga seneng main internet, padahal udah dikompor-komporin.

    ReplyDelete
  3. kalo rusak krn sering dipake gpp tuh bro, kan artunya laris n cepet balik modalnya...
    tp kl gak pernah dipake kan ntar jd rusak jg.

    ReplyDelete
  4. oya bro, musti dipertimbangkan jg soal pangsa pasarnya.
    misal kerja sama ama dokter potensial yg sanggup mengirim banyakpasien u/dirongsen.
    karna byk kejadian bisa beli/buka klinik tp gak bisa mengelola jlnnya klinik shg tutup di tengah jalan.

    ReplyDelete