Custom Search

KUNJUNGI JUGA :

Blog Radiografer Indonesia

07 June 2008

Hari Raya Saraswati


Hari ini tepat Saniscara Umanis wuku Watugunung yang merupakan Hari Raya Saraswati bagi umat Hindu, sayang sekali saya dapat shift pagi di tempat kerja jadi tidak bisa melakukan ritual Saraswati seperti biasanya yaitu mabanten Saraswati keliling rumah terutama di tumpukan buku dan meja belajar dilanjutkan dengan persembahyangan di merajan rumah. Paling saya senangi dalam rangkain hari raya Saraswati adalah acara Banyu Pinaruh besok karena saya bisa melali ke pantai bersama keluarga.

Gambar Dewi Saraswati dari Google


Dulu waktu masih jadi anak sekolahan Saraswati berarti hari libur, tidak boleh membaca dan sembahyang pagi-pagi ke Sekolah. Tentang kebiasaan yang mengatakan tidak boleh membaca apakah masih ada sampai sekarang?kalau di rumah saya kami masih menjalankannya, sebab buku-buku ditumpuk oleh canang, kalo buku tersebut kita ambil buat bacaan kan tidak kena banten. Saat kuliah di Jawa dulu Saraswati berarti tetap kuliah seperti biasa sorenya melali ke Pura di pusat kota ngumpul dengan warga Bali. Saat bekerja seperti sekarang Saraswati berarti lihat jadual dapat shift apa, kemudian maturan dan sembahyang sebelum atau sesudah jam tersebut.

Selesai shift hari ini saya rencananya maturan di Pura umum perumahan karena tepat hari ini juga odalan disana, sekalian sembahyang Saraswati dan sembahyang odalan. Untuk mengobati kerinduan dengan pengetahuan Saraswati saya browsing ke berbagai tempat antara lain Babad Bali, Wikipedia, sampai Berita Bali. Banyak ilmu yang saya peroleh di Babad Bali.

Dalam kesempatan ini ijinkan saya mengucapkan Selamat Hari Raya Saraswati kepada rekan-rekan yang merayakan, dan semoga ketemu di pantai esok hari.

Baca Juga Yang Ini



3 comments:

  1. selamat hari raya saraswati...semoga dilimpahkan pengetahuan dan kebijaksanaan

    ReplyDelete
  2. @Dok Okanegara : Selamat hari raya Saraswati dan Pagerwesi juga Dok

    ReplyDelete
  3. selamat Hari Saraswati, semoga diberi pencerahan oleh sang pengetahuan yang sejati

    ReplyDelete