Custom Search

KUNJUNGI JUGA :

Blog Radiografer Indonesia

27 June 2008

Handling Contrast Media


Saya suka tersenyum bahkan tertawa jika ada pasien datang membawa paket kontras seperti gambar 1 dibawah, yaitu satu paket media kontras berisi Ice Pack berbentuk seperti Es Lilin minuman ringan waktu saya masih SD. Padahal cara seperti inilah yang dibenarkan menurut leaflet dalam media kontras tersebut yaitu simpan dalam tempat sejuk dan kering. Jadi saran saya agar tidak terjadi perubahan susunan kimia dan bentuk dalam media kontras usahakan dalam penanganan sampai di radiologi selalu meletakan ice pack dalam bungkusannya seperti gambar 1.

Trus Handling kedua yang akan saya lontarkan disini adalah sebelum menyuntikan media kontras ke dalam vena pasien, usahakan agar media kontras digenggam dahulu dalam tangan seperti gambar 2 dan gambar 3 agar suhu media kontras sama dengan suhu dalam tubuh pasien, hal ini dilakukan untuk mecegah terjadinya pengkerutan vena yang mengakibatkan kontas sulit masuk bahkan jika dipaksa dapat menyebabkan pecahnya vena.
Image Hosting by Picoodle.com
Gambar 1.
Image Hosting by Picoodle.com
Gambar 2.
Image Hosting by Picoodle.com
Gambar 3.

Baca Juga Yang Ini



3 comments:

  1. Klo d RS ku s4 lbh parah lg...Nyimpen d kulkas.Jd pas bru diambil,butuh wkt utk mbuatnya pas dgn suhu tubuh pasien.Mpe dikempit d ketiak sgala.Hwahaha....

    ReplyDelete
  2. mau nanya...
    kontras kan ditaruh dibotol kaca... apakah akan sama suhu kontras dengan suhu tubuh manusia jika hanya dengan digenggam aja saat pengambilan kontras??
    apakah ada jeda waktu tuk biar sama??klo tuk colon biar sama dengan suhu tubuh menggunakan air hangat...

    ReplyDelete
  3. @Siti : Sama banget sih ga mungkin Siti, setidak-tidaknya hampir sama lah.

    ReplyDelete