Custom Search

KUNJUNGI JUGA :

Blog Radiografer Indonesia

05 June 2008

Bongkar Motor Lagi


Ini adalah kali kedua saya sharing motor saya disini, setelah sebelumnya bermasalah akibat jalanan rusak, untuk kali ini kasusnya tergolong berat dan kronis, keluhan utamanya adalah kehilangan tenaga dengan saluran pembuangan berasap, hal ini sudah berlangsung sekitar 3 bulan namun baru sekarang saya berniat mengobati karena kian hari kian parah saja.

Saya datang jauh hari sebelumnya untuk diagnosa oleh Pak Yan Kacir sang mekanik andalan dilanjutkan dengan perencanaan tindakan, asumsi harga dan lamanya proses. Teknik diagnosanya pun terbilang cepat dan gampang menurut saya. Pak Yan Kacir tinggal menaiki motor saya trus dibawa muter-muter sebentar, gas panjang, gas pendek, trus rem jadi deh. Hasil diagnosa kali ini adalah kerusakan pada Seher kemungkinan juga stangnya, rencana tindakan ganti seher yang baru, kolter boring, bersihkan klep, bersihkan karburator, dll, asumsi harga kurang lebih 350rb ganti seher saja dan 700rb jika melibatkan stangnya bahkan kemungkinan bisa lebih tergantung keadaan dalam mesin, lama proses 4 hari dengan penjabaran 1 hari bongkar, 1 hari kolter, 1 hari pasang hari terakhir final cek dan finishing touch.

Pencarian hari bongkar pun melibatkan kalender dan hari baik, ini baru mekanik plus pikir saya, plus gombal hehe....pak Yan ini kawan saya gradag grudug dari SMA saya tau dia kurang ngerti dewasa, lihat kalender sekarang pun untuk mengingatkan kapan odalan di Sanggah Kamulannya, "teka kayang tanggal ene nah junk, suud odalan apang aman gumine!" kesimpulannya dari ngebit-ngebitin kalender. Oke lah jawab saya langsung.

Tibalah pada hari yang ditentukan, saya datang sekitar jam 16.30, pak Yan menyambut di Pintu Depan dia baru saja sampai rumah dari tempat kerjanya, tampak ada seorang ibu-ibu dengan motornya telah menunggu disana, wah kustomer rupanya. Pak Yan Kacir mendahulukan ibu tadi yang tampaknya cukup akrab dengan keluarga sang mekanik, selidik punya selidik ooo rupanya tetangga lingkungan disitu juga, tak sampai 10 menit diperlukan oleh pak Yan untuk memperbaiki kerusakan motor ibu tadi yang rupanya cuma mengencangkan rantai dan melumurinya dengan oli. Selesai urusan dengan ibu tadi sekarang gantian motor saya diurek, pertama-tama buka sayap, lepas karburator, buka blok mesin, lepas klep, buka boring, ketika terlihat kepala seher Pak Yan terkejut, "wah ini bukan seher aslinya, ini seher motor sport, kapan kamu pernah buka mesin sampe ngurek bagian ini??" tanya Pak Yan dengan tatapan penuh tanya. Saya hanya bisa terhenyak plus terkejut, saya ingat-ingat kembali, wah setahun lalu saya pernah memasrahkan motor ini kepada salah seorang kerabat untuk diservis katanya sih servis besar, rawat inap sekitar seminggu di tempat kerabat saya tersebut. Wah apa ini ulah dia ya?? Besok saya akan bicara dengannya gitu kesimpulan sementara. "ini sih kerjaan bingkil nakal, saya tidak akan pernah berani melakukan pekerjaan seperti ini kepada customer, kasian motornya dan kasihan customer, bagi saya kepuasan dan kepercayaan customer yang paling penting" promosi pak Yan. "ini kerjaan lumayan ruwet, saya harus ngecek sampai sejauh mana agresi tangan si bingkil nakal, apakah cuma ganti seher saja atau bloknya dikolter atau boringnya sampai diganti atau malah sampe intake dan klepnya digeca!!" pak yan menambahkan. Puih tambah mumet saya dengan fakta yang dilontarkan pak yan. "tapi semisal kasusnya kena yang paling buruk apakah bisa ditangani pak Yan??"Tanya saya. "BISA, tenang saja, ya tentu pengeluaran akan tambah banyak lagi!". Jawab pak Yan yang efeknya lumayan bikin tenang saya, setidak-tidaknya motor saya dapat kembali normal walaupun uang yang akan keluar mungkin tidak sedikit. Lalu saya bercerita kepada pak Yan prihal kerabat saya yang menservis motor saya setahun yang lalu.









Baca Juga Yang Ini



3 comments:

  1. wah jahat banget bengkel yang maen ganti sembarangan itu. semoga motornya segera OK bli

    ReplyDelete
  2. Iya emang jahat banget kalo dipikir-pikir, tapi jahat-jahat begitu bengkel tersebut masih ada hubungan kerabat dengan saya, itu yang bikin sedih.

    ReplyDelete
  3. turutt prihatin deh bli,
    tapi kl ngelihat usia pemakaian mendingan di-LEmBiru aja dah..
    (dilempar trus beli yg baru gitu)

    ReplyDelete