Langsung ke konten utama

Bongkar Motor Lagi


Ini adalah kali kedua saya sharing motor saya disini, setelah sebelumnya bermasalah akibat jalanan rusak, untuk kali ini kasusnya tergolong berat dan kronis, keluhan utamanya adalah kehilangan tenaga dengan saluran pembuangan berasap, hal ini sudah berlangsung sekitar 3 bulan namun baru sekarang saya berniat mengobati karena kian hari kian parah saja.

Saya datang jauh hari sebelumnya untuk diagnosa oleh Pak Yan Kacir sang mekanik andalan dilanjutkan dengan perencanaan tindakan, asumsi harga dan lamanya proses. Teknik diagnosanya pun terbilang cepat dan gampang menurut saya. Pak Yan Kacir tinggal menaiki motor saya trus dibawa muter-muter sebentar, gas panjang, gas pendek, trus rem jadi deh. Hasil diagnosa kali ini adalah kerusakan pada Seher kemungkinan juga stangnya, rencana tindakan ganti seher yang baru, kolter boring, bersihkan klep, bersihkan karburator, dll, asumsi harga kurang lebih 350rb ganti seher saja dan 700rb jika melibatkan stangnya bahkan kemungkinan bisa lebih tergantung keadaan dalam mesin, lama proses 4 hari dengan penjabaran 1 hari bongkar, 1 hari kolter, 1 hari pasang hari terakhir final cek dan finishing touch.

Pencarian hari bongkar pun melibatkan kalender dan hari baik, ini baru mekanik plus pikir saya, plus gombal hehe....pak Yan ini kawan saya gradag grudug dari SMA saya tau dia kurang ngerti dewasa, lihat kalender sekarang pun untuk mengingatkan kapan odalan di Sanggah Kamulannya, "teka kayang tanggal ene nah junk, suud odalan apang aman gumine!" kesimpulannya dari ngebit-ngebitin kalender. Oke lah jawab saya langsung.

Tibalah pada hari yang ditentukan, saya datang sekitar jam 16.30, pak Yan menyambut di Pintu Depan dia baru saja sampai rumah dari tempat kerjanya, tampak ada seorang ibu-ibu dengan motornya telah menunggu disana, wah kustomer rupanya. Pak Yan Kacir mendahulukan ibu tadi yang tampaknya cukup akrab dengan keluarga sang mekanik, selidik punya selidik ooo rupanya tetangga lingkungan disitu juga, tak sampai 10 menit diperlukan oleh pak Yan untuk memperbaiki kerusakan motor ibu tadi yang rupanya cuma mengencangkan rantai dan melumurinya dengan oli. Selesai urusan dengan ibu tadi sekarang gantian motor saya diurek, pertama-tama buka sayap, lepas karburator, buka blok mesin, lepas klep, buka boring, ketika terlihat kepala seher Pak Yan terkejut, "wah ini bukan seher aslinya, ini seher motor sport, kapan kamu pernah buka mesin sampe ngurek bagian ini??" tanya Pak Yan dengan tatapan penuh tanya. Saya hanya bisa terhenyak plus terkejut, saya ingat-ingat kembali, wah setahun lalu saya pernah memasrahkan motor ini kepada salah seorang kerabat untuk diservis katanya sih servis besar, rawat inap sekitar seminggu di tempat kerabat saya tersebut. Wah apa ini ulah dia ya?? Besok saya akan bicara dengannya gitu kesimpulan sementara. "ini sih kerjaan bingkil nakal, saya tidak akan pernah berani melakukan pekerjaan seperti ini kepada customer, kasian motornya dan kasihan customer, bagi saya kepuasan dan kepercayaan customer yang paling penting" promosi pak Yan. "ini kerjaan lumayan ruwet, saya harus ngecek sampai sejauh mana agresi tangan si bingkil nakal, apakah cuma ganti seher saja atau bloknya dikolter atau boringnya sampai diganti atau malah sampe intake dan klepnya digeca!!" pak yan menambahkan. Puih tambah mumet saya dengan fakta yang dilontarkan pak yan. "tapi semisal kasusnya kena yang paling buruk apakah bisa ditangani pak Yan??"Tanya saya. "BISA, tenang saja, ya tentu pengeluaran akan tambah banyak lagi!". Jawab pak Yan yang efeknya lumayan bikin tenang saya, setidak-tidaknya motor saya dapat kembali normal walaupun uang yang akan keluar mungkin tidak sedikit. Lalu saya bercerita kepada pak Yan prihal kerabat saya yang menservis motor saya setahun yang lalu.









Komentar

  1. wah jahat banget bengkel yang maen ganti sembarangan itu. semoga motornya segera OK bli

    BalasHapus
  2. Iya emang jahat banget kalo dipikir-pikir, tapi jahat-jahat begitu bengkel tersebut masih ada hubungan kerabat dengan saya, itu yang bikin sedih.

    BalasHapus
  3. turutt prihatin deh bli,
    tapi kl ngelihat usia pemakaian mendingan di-LEmBiru aja dah..
    (dilempar trus beli yg baru gitu)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Artifact On an X-Ray

The following question was answered by an expert in the appropriate field:
Q
What does an artifact on an x ray mean? The first x ray (without sedation) showed a mass on the lymph nodes. The next x ray showed everything was fine. The doctor said the first one was an artifact.

A
In basic terms, an "artifact" on a diagnostic x-ray image is an area of the image that may look different from expected, although it is not necessarily something dealing with what is being imaged. An artifact may appear as light or dark spots, lines, fogging, specks, etc. They can be caused by motion, dirt on film, poor chemistry in a film processor, poor contact between the film and the cassette that holds the film, and so on. Types of artifacts may vary with the modality, for example, plain x-ray film, CT, or ultrasound, but the physician who interprets the image tries to make sure that false positive and false negative results are avoided. Ideally, the physician wants an image that contains no artifact…

Luka Tembak Di Kepala

Kejadian ini saat saya jaga malam di RS Sanglah tanggal 29 Juni 2010, sekitar pukul 22.00 datang seorang remaja dengan klinis luka tembak senapan angin di kepala, kata koas yang mengantar sebuah peluru tembus melalui kepala bagian belakang dan meninggalkan lubang di occipital.

Pasien dalam keadaan sadar baik, kepalanya dibalut perban. Segera saya lakukan ct scan kepala irisan axial sejajar OML. Mode yang saya pilih adalah Spiral dengan ketebalan irisan 5 mm, pitch 3 mm, maksudnya agar bisa di olah dengan baik oleh software nantinya.




Memang dalam irisan ct scan tampak gambaran beberapa proyektil peluru antra lain berada di petrosum dan beberapa bagian otaknya. Melalui pengukuran jarak saya dapatkan jarak antara lubang masuk peluru di occipital hingga proyektil terdalam di petrosum sejauh 12.4 cm, cukup jauh menurut saya kalau ini adalah hasil dari senapan angin. Saya dulu pernah terkena pentalan peluru di jari tangan tapi untungnya tidak menimbulkan luka, lecet pun tidak, cuma bengkak da…

Ulasan singkat Life's a Beach

Pukul 15.30 saya sampai ditempat acara yaitu pantai kuta di sebelah barat The Wave Bar. Begitu saya parkir motor, panitia sedang mengumumkan acara "Clean Up beach" yaitu menyusuri pantai sambil membawa kantong memunguti sampah non organik yang bertebaran disepanjang pantai, segera saja saya bergabung dalam gerombolan. Tampak Jerinx (SID) dan Bobby (SID) ikut dalam barisan sibuk memunguti sampah-sampah non organik yang memang dikenal tidak ramah lingkungan.

Disepanjang Pantai sore itu banyak terdapat kegiatan antara lain yang dapat saya ambil gambarnya adalah Demo Jual Beli Organ Tubuh di Cina oleh perkumpulan Falun Dafa. Tampak juga Demo Faun Dafa dengan sarana audio musik Cina yang tidak saya mengerti temanya.

Sampah yang dipungut oleh peserta kemudian dikumpulkan, lumayan banyak juga mendapat sampah non organik disepanjang pantai Kuta ini.

Acara selanjutnya diisi oleh Lonely King Low Rider yaitu parade naik sepeda keliling Kuta, acara ini diikuti juga oleh komunitas "Bi…