Custom Search

KUNJUNGI JUGA :

Blog Radiografer Indonesia

27 May 2008

Usaha-usaha penghematan energi dalam radiografi


Berbagai usaha dalam rangka penghematan energi dapat dilakukan dalam pembuatan radiograf.

Kali ini saya posting beberapa usaha yang saya lakukan untuk penghematan energi, lumayanlah mengingat harga minyak yang semakin melonjak dan tarif dasar listrik yang tidak pernah turun.



Letakan film di kompresor AC, udara panasnya bikin film cepat kering dan hemat.


Bisa juga di jemur seperti ini tapi efektif cuma pada saat matahari terik, termasuk dalam katagori penghematan juga

Jika sudah bisa melakukan hal-hal seperti ini, maka saya dapat mengatakan "Bye-bye pengering dan selamat datang hemat energi"


Bagaimana dengan anda??

Baca Juga Yang Ini



6 comments:

  1. ha,,ha,,ha,,
    kembali ke jaman batu ya mas adi,,
    mumpung sekarang lagi musim kemarau,,
    ide cemerlang,,awas kelupaan angkat mas,,,ntar gosong,,,he,,

    ReplyDelete
  2. membantu hemat energi sich boleh aja... klo pencucian pake manual trus dijemur semua lama dong keringnya jk media pendukungnya bagus ok2 aja he he...

    ReplyDelete
  3. @Alam : Buset dibilang kembali ke jaman batu..hehe..tapi bener juga.

    Kadang kala old skool stuff Rocks (Benda2 kuno menakjubkan).

    Tadi pagi saya sharing bersama perawat yang dulu pernah kerja di Singapura, disana serba high tech sampai nensi tek darah aja mesin yg bekerja, apa yang terjadi ketika mereka dikirim ke lokasi bencana??mereka ga bisa nensi manual pake stetoskop atau palpasi..payah ga??

    @Siti Murtiningsih : Ini kebetulan tidak buru2 jadi saya nunggu keringnya sambil ngopi dan sms2an...hehe...

    ReplyDelete
  4. sama aja mas,,aq juga dikantor pake CR,,so aq takut klu pas kerja dit4 laen yg ga' pake CR,,harus blajar lagi

    ReplyDelete
  5. @Alam : CR tuh Computer Radiografi ya??Wah hebat di Bali setahu saya baru satu rumah sakit yang pake begituan. Alam jangan khawatir ya kalo dasar teori kita sudah kuat dimana pun bekerja pasti mudah beradaptasi.

    Saya juga pingin pake CR, termasuk katagori penghematan film juga loh karena jarang film direject karena faktor eksposi ya ga?Manfaatkan sebesar-besarnya teknologi yang ada.

    ReplyDelete
  6. yup bener banget mas,,di jogja sebagian RS ama klinik di jogja dah pake CR semua,,
    yup bener bangetz bisahemat film,,karena CR mo faktor eksposi segede apapun masih bisa di edit,,tapi jgn keenakan perhatiin juga proteksi to pasien,,asas J-LO,,he,,he,,

    ReplyDelete