Langsung ke konten utama

SMS Santet


Masih ingat dengan berita SMS santet dan hal-hal seperti ini?? Denger-denger pelakunya sudah tertangkap?? Apa betul?? Ini ada beritanya.
--
13/05/2008 12:13 WIB
SMS Santet Berseliweran, Operator Mengeluh Apes
Nurvita Indarini - detikcom

Jakarta - Bermacam-macam dugaan mencuat mana kala SMS santet yang meresahkan muncul dan beredar. Operator telepon selular juga dituding berada di balik munculnya SMS tersebut karena alasan meningkatkan traffic.

"Salah satu operator mengeluh dapat apes dengan adanya SMS itu. Apalagi harus berkali-kali menjelaskan kepada publik dan mendapat keluhan," kata Kabag Humas Ditjen Postel Depkominfo Gatot S Dewabroto dalam perbincangan dengan detikcom, Selasa (13/5/2008).

Setelah dilakukan penelusuran, SMS santet tersebut ternyata dikirim dari nomor telepon selular daerah Riau. "Awalnya dikirim dari nomor 0812. Disebut-sebut juga nomor 0866 yang dianggap milik Natrindo Telekomunikasi Selular (NTS) Axis, padahal nomor mereka kan awalnya 083," tutur Gatot.

Begitu SMS santet itu beredar, Depkominfo pun menyampaikan surat kepada para operator di Tanah Air agar mengoptimalkan call center-nya. Tujuannya adalah agar isu SMS santet itu tidak berkembang liar.

"Jadi tidak hanya Telkomsel saja (yang dikirimi surat)," sambung dia.

Gatot juga mengimbau publik agar memasukkan data yang valid manakala melakukan registrasi pelanggan telepon selular. "Warning bagi yang memasukkan data palsu, bila ketahuan maka bisa dinonaktifkan nomornya," sambungnya.

Dia juga mengingatkan pihak operator agar cepat melakukan validasi. Bila lambat, maka citra operator juga yang akan jatuh.

Aturan registrasi pelanggan telepon selular diatur dengan Peraturan Menteri Nomor 23/Kominfo/M/10/2005 tentang Kewajiban Registrasi Pengguna Prabayar dan Pascabayar. Registrasi yang tidak dipungut biaya ini bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan SMS, seperti untuk tindak kriminal, adu domba, dan pencegahan terorisme. (nvt / nrl)
--

Trus ini berita tertangkapnya :

--
13/05/2008 11:40 WIB
Motif Pengirim SMS Santet: Iseng
Nurvita Indarini - detikcom

Jakarta - Pengirim awal SMS santet yang meresahkan masyarakat sudah dibekuk polisi Riau. Ternyata motif pengiriman SMS itu hanya iseng belaka.

"Kalau motif, informasi yang kita terima karena iseng saja," kata Kabag Humas Ditjen Postel Depkominfo Gatot S Dewabroto dalam perbincangan dengan detikcom, Selasa (13/5/2008).

Dengan tertangkapnya orang tersebut, maka terbukti sudah tidak benar ada SMS yang bisa menyantet orang. "Sudah terbukti sekarang, kemarin orang yang sakit setelah baca SMS bukan karena santet," lanjut dia.

Menurut Gatot, si pengirim awal SMS santet itu sengaja memanfaatkan keresahan masyarakat dengan medium telepon selular. Dengan tertangkapnya orang tersebut juga mementahkan dugaan operator selular ingin menaikkan traffic.

"Dia menggunakan data palsu, jadi agak terkendala. Tapi operator punya alatnya (untuk melacak). Itu satu orang saja (yang melakukan)," terang Gatot. ( nvt / nrl )
--

Berita ini pernah menjadi sangat heboh dikantor, pertemuan pagi kerennya morning report menjadi riuh oleh kejadian ini. Saya juga mendapat banyak SMS dari kawan-kawan untuk hati-hati dan waspada. Saya kebanyakan membalas dengan kalimat perbanyak doa dan yadnya saja. Saya orang yang skeptik untuk hal-hal seperti ini, ada banyak alasan untuk tidak mempercayai bentuk-bentuk teror seperti ini.

Bagaimana dengan rekan-rekan?? Silahkan berkomentar.

Komentar

  1. SMS santet? saya nggak pernah percaya. termasuk nggak pernah percaya dengan email berantai, IM msg berantai, dll. :D

    BalasHapus
  2. jawaban si pelaku "cuma iseng"...
    tu pelaku pasti baru beli hp,,
    dy bingung mo sms siapa,,
    akhirnya iseng nya kluar buat resah org banyak,,
    mentang2 tarif seluler pada turun,,..

    BalasHapus
  3. ada gak ya sms 'pelet',
    artinya setiap yg nerima sms langsung jatuh cinta ama pengirimnya gitu... he..hee...]
    tp kl ada gak akan kukirim ke yg punya blog ini,
    Masak jeruk makan jweruk.. he..he..
    afwan ya...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Artifact On an X-Ray

The following question was answered by an expert in the appropriate field:
Q
What does an artifact on an x ray mean? The first x ray (without sedation) showed a mass on the lymph nodes. The next x ray showed everything was fine. The doctor said the first one was an artifact.

A
In basic terms, an "artifact" on a diagnostic x-ray image is an area of the image that may look different from expected, although it is not necessarily something dealing with what is being imaged. An artifact may appear as light or dark spots, lines, fogging, specks, etc. They can be caused by motion, dirt on film, poor chemistry in a film processor, poor contact between the film and the cassette that holds the film, and so on. Types of artifacts may vary with the modality, for example, plain x-ray film, CT, or ultrasound, but the physician who interprets the image tries to make sure that false positive and false negative results are avoided. Ideally, the physician wants an image that contains no artifact…

Luka Tembak Di Kepala

Kejadian ini saat saya jaga malam di RS Sanglah tanggal 29 Juni 2010, sekitar pukul 22.00 datang seorang remaja dengan klinis luka tembak senapan angin di kepala, kata koas yang mengantar sebuah peluru tembus melalui kepala bagian belakang dan meninggalkan lubang di occipital.

Pasien dalam keadaan sadar baik, kepalanya dibalut perban. Segera saya lakukan ct scan kepala irisan axial sejajar OML. Mode yang saya pilih adalah Spiral dengan ketebalan irisan 5 mm, pitch 3 mm, maksudnya agar bisa di olah dengan baik oleh software nantinya.




Memang dalam irisan ct scan tampak gambaran beberapa proyektil peluru antra lain berada di petrosum dan beberapa bagian otaknya. Melalui pengukuran jarak saya dapatkan jarak antara lubang masuk peluru di occipital hingga proyektil terdalam di petrosum sejauh 12.4 cm, cukup jauh menurut saya kalau ini adalah hasil dari senapan angin. Saya dulu pernah terkena pentalan peluru di jari tangan tapi untungnya tidak menimbulkan luka, lecet pun tidak, cuma bengkak da…

Ulasan singkat Life's a Beach

Pukul 15.30 saya sampai ditempat acara yaitu pantai kuta di sebelah barat The Wave Bar. Begitu saya parkir motor, panitia sedang mengumumkan acara "Clean Up beach" yaitu menyusuri pantai sambil membawa kantong memunguti sampah non organik yang bertebaran disepanjang pantai, segera saja saya bergabung dalam gerombolan. Tampak Jerinx (SID) dan Bobby (SID) ikut dalam barisan sibuk memunguti sampah-sampah non organik yang memang dikenal tidak ramah lingkungan.

Disepanjang Pantai sore itu banyak terdapat kegiatan antara lain yang dapat saya ambil gambarnya adalah Demo Jual Beli Organ Tubuh di Cina oleh perkumpulan Falun Dafa. Tampak juga Demo Faun Dafa dengan sarana audio musik Cina yang tidak saya mengerti temanya.

Sampah yang dipungut oleh peserta kemudian dikumpulkan, lumayan banyak juga mendapat sampah non organik disepanjang pantai Kuta ini.

Acara selanjutnya diisi oleh Lonely King Low Rider yaitu parade naik sepeda keliling Kuta, acara ini diikuti juga oleh komunitas "Bi…