Custom Search

KUNJUNGI JUGA :

Blog Radiografer Indonesia

27 May 2008

Pengalaman Foto Thorax


Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan pasien foto Thorax untuk keperluan Cek Up, seperti ritual foto thorax biasa pertama-tama saya minta pasien untuk buka baju....dan selanjutnya...dan selanjutnya...hingga aba-aba tarik nafas dan expose. Setelah diprocessing begini hasilnya..


Gambar 1

Bagaimana menurut rekan-rekan radiografer apakah tampak ada keanehan atau kekurangan? sepintas lalu memang terihat biasa saja, saya pun berfikiran demikian, tapi setelah saya dalami terlihat ada kekurangan yaitu costae 10 tampak hanya separuh ini merupakan indikator kurang inspirasi.

Saya coba ulangi pemeriksaan kali ini dengan aba-aba yang jelas disertai dengan pragaan sebelumnya. Saya process dan begini hasilnya :

Gambar 2.

Jadi bisa dibandingkan bukan dimana letak perbedaannya? Inspirasi yang dalam pada foto thorax adalah sangat penting dan mutlak untuk dilakukan demi kelengkapan diagnosa yang akan diperoleh. Saran saya berilah pragaan dan mungkin latihan pernafasan dulu sebelum pemeriksaan, berilah aba-aba yang jelas dan cukup keras pada saat eksposi. Tindakan anda sangat mempengaruhi hasil diagnosa pasien berhati-hatilah dalam bekerja.

Terima kasih

Baca Juga Yang Ini



No comments:

Post a Comment